10 Dosa Besar Blogger Pemula

Image source:
https://images.app.goo.gl/odEQqgYFprtcS8nu9

"Menulis di blog itu sangatlah seksi, karena menulis itu kelihatannya mudah tetapi sulit", ungkap Pak Dudung Nurullah Koswara, pemateri Belajar Menulis Gelombang 4 tadi malam.

Saya mencoba merefleksikan pernyataan beliau sepanjang hari ini. Memang butuh waktu lama juga untuk mencernanya. Akhirnya, sore ini saya sampai pada satu titik pemahaman bahwa bagi seorang blogger pemula seperti saya, tidak boleh mempunyai kesan yang keliru terhadap keterampilan menulis di blog. Misalnya kesan bahwa menulis itu sulit. 

Jika seorang blogger pemula mempunyai kesan yang keliru seperti itu, akibatnya blog yang sudah dibuatnya tidak akan terawat. Blog yang tidak terawat akhirnya membawa kita kembali ke habitat lama, duduk, diam, tidak menulis. 

Kalau boleh saya sebut, inilah yang termasuk dosa blogger pemula. Berikut ini saya bagikan daftar 10 dosa besar blogger pemula, mulai dari yang paling kecil sampai yang terbesar : 

10. Malas buka blog
       Seorang blogger hanya membuka blognya jika ada kebutuhan untuk searching referensi. Mungkin dalam seminggu hanya satu kali membuka blog atau bahkan sebulan sekali. Intinya malas sekali untuk membuka blog dan membaca tulisannya.

9.   Malas share blog
Alasan pertamanya malu, was - was, takut dikritik, tapi lama kelamaan menjadi malas untuk share blognya. 

8.   Tidak pernah melakukan blog walking
Ini adalah salah satu etika yang wajib dilakukan oleh para blogger, apalagi blogger pemula. Sebenarnya banyak manfaat jika kita melakukan blog walking, diantaranya kita bisa belajar gaya penulisan bahkan menemukan ide dari tulisan orang lain, namun, kadang kala ada blogger yang tidak mau mengunjungi blog orang lain sekalipun dia membutuhkan pengunjung di blognya sendiri. 

7.   Mencela blog orang lain
Inilah penyakit yang berbahaya. Terkadang sesama blogger pemula, kita menganggap diri kita atau blog kita superior. Dan akhirnya meremehkan blog orang lain. Padahal di atas langit masih ada langit, lho. 

6.  Senang membaca blog orang lain, tetapi menelantarkan blog sendiri
Biasanya dipicu oleh rasa kurang percaya diri dari blogger pemula. Ibarat kata pepatah, rumput tetangga lebih hijau. Akhirnya tersesat dengan mengagumi blog orang lain tanpa memikirkan ide untuk mengisi dan mempercantik blog sendiri. 

5. Gonta - ganti alamat blog
Mood menulis blogger yang berubah - ubah, berhubung belum menentukan branding dari blog personalnya, akan membuat kecenderungan seorang blogger menggonta - ganti alamat blognya. Dengan adanya kemudahan untuk membuat alamat blog, maka memungkinkan para blogger pemula untuk melakukan hal ini. Misalnya : di blog pertama, ia senang menulis puisi cinta, ketika berikutnya ia mau menulis artikel yang serius / ilmiah, ia membuat alamat blog baru dengan alasan agar lebih fokus. Namun akibatnya jika semua blog itu tidak dirawat, maka percuma juga. 

4. Copy Paste (copas) artikel orang lain tanpa menuliskan sumbernya
Parah ! Satu kata saja untuk menggambarkan blogger yang satu ini. Hukuman yang tegas pun sudah dinyatakan dalam UU ITE. Jangan sampai dilakukan ya, blogger. 

3. Menulis semaunya, tanpa swa editing
Swa editing juga penting. Minimal penulisan kata dan ejaan (semampunya). Agar orang yang membaca tulisan di blog kita tidak menjadi bingung. 

2. Menulis semaunya, tanpa mempertimbangkan aspek kebermanfaatan
Sebenarnya untuk apa kita menulis di blog ? Apakah sekedar kesenangan sendiri atau ada misi berbagi dengan orang lain ? Jika kita menulis asal - asalan dari segi konten, jangankan orang lain, kita sendiri sebagai blogger pemula akan merasakan kerugian karena sudah membuang - buang pikiran, waktu, dan tenaga. 

1. Lupa alamat blog dan passwordnya
Inilah dosa blogger pemula yang paling besar. Lupa alamat blog sendiri termasuk passwordnya. Kadang ada info untuk pemulihan akun, namun kembali pada soal dosa tadi, jika seorang blogger pemula melakukan dosa ini, dapat dibayangkan, ketika dia berhasil membukanya kembali, pasti blognya sudah dipenuhi sarang laba - laba 😁

Nah, itulah kesepuluh dosa besar blogger pemula. Apakah satu diantaranya juga pernah atau sedang kita lakukan ? Yuk, refleksi sama - sama. 

Jika Anda menemukan dosa lain dari blogger pemula, silakan ikut berkontribusi memperkaya blog sederhana ini dengan menuliskannya di kolom komentar. 


15 Responses to "10 Dosa Besar Blogger Pemula"

  1. Semoga dIampuni semua dosanya.yuk kota nheblog!

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Kayaknya Pak Naf sdh bebas dr jeratan dosa ini. Hehee

      Delete
  3. Semua ada padaku....
    Insyaallah akan belajar lagi

    ReplyDelete
  4. Semua ada padaku....
    Insyaallah akan belajar lagi

    ReplyDelete
  5. Bagus Bu Tere. Menginspirasi sekali tulisannya.

    ReplyDelete
  6. Tulisan dengan ide kreatif seperti ini yang saya tunggu-tunggu. Keren Bu Tere

    ReplyDelete
  7. Keren sdh menulis blog...tapi tatuut...ada warning.. dosa . Yuu kita minimalisir nya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel