5 Mood Booster Paling Favorit Bagi Penulis Pemula


Img source : https://images.app.goo.gl/KKAqXBkBccPNZd4s5


Banyak penulis pemula yang gagal dalam meraih tujuannya menjadi seorang penulis hanya karena satu alasan, yaitu MOOD. 

Pertama kali mengikuti pelatihan menulis, saya merasakan energi yang besar untuk menulis. Bahkan setelah beberapa kali menulis di blog pribadi saya, rasanya menulis itu menjadi sebuah hal menyenangkan yang selalu ingin saya lakukan. 

Bahkan di bulan Februari kemarin, saya berhasil menulis buku kedua saya yang berjudul "Bukan Guru Biasa". Buku sebanyak 237 halaman A5 itu saat ini sedang menanti kata pengantar dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten untuk berikutnya diserahkan pada penerbit. Jumlah halaman sebanyak itu tentunya merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa dan menunjukkan konsistensi saya dalam menulis selama kurang lebih satu bulan kemarin. 

Namun, sayangnya ... Ketika sedang mengerjakan proyek buku ketiga saya saat ini, saya tidak bisa mempertahankan ritme menulis saya. Semuanya kembali pada alasan klasik yaitu dipengaruhi oleh Mood yang turun naik dalam menulis. 

Untuk menaikkan kembali mood dalam menulis diperlukan mood booster. Ada banyak sekali mood booster yang bisa dipakai oleh penulis pemula, namun menurut saya, inilah mood booster paling favorit : 
1. Mendengarkan musik
    Musik dipercaya sebagai mood booster favorit bagi seorang penulis pemula, karena inspirasi menulis pun bisa diperoleh sambil mendengarkan lagu. Misalnya lagu romantis, cenderung membuat penulis membuat puisi dengan kata - kata puitis. 

2. Pindah suasana menulis 
    Suasana menulis yang tidak menyenangkan menjadi penyebab penulis pemula tidak bisa mengalirkan ide - idenya. Suasana menulis yang baik didukung oleh tempat yang aman dan nyaman, tenang dan terdapat sebanyak mungkin inspirasi untuk menulis sehingga suasananya sungguh mendukung seorang penulis untuk mulai menulis. 

3. Jalan - Jalan 
   Jalan - jalan mencari angin segar merupakan mood booster yang wajib dilakukan oleh para penulis pemula. Semakin banyak tempat bepergian, semakin banyak inspirasi. Apalagi jika kita memfokuskan tulisan pada travelling. 

4. Istirahat cukup
Jangan paksakan untuk menulis jika kita sedang dalam kondisi lelah akibat aktivitas berat. Ambil waktu untuk istirahat sejenak. Banyak para penulis yang salah kaprah dengan mengatakan, mengonsumsi minuman kopi dapat meningkatkan produktivitas menulis. Sebenarnya, yang lebih tepat adalah istirahat yang cukup. 

5. Diskusi di forum penulis pemula
Menggali ide lebih baik jika dilakukan bersama dengan teman yang mempunyai visi sama yaitu menjadi seorang penulis. Kita bisa mengingat kembali visi kita, tujuan kita, berbagi ide, dan bahkan bisa saling menyemangati agar kita semakin produktif menulis. 


Nah, itulah lima mood booster versi penulis. Apa mood booster versi teman - teman penulis lainnya ? Jika berbeda, silakan tulis di kolom komentar ya. Yuk, ambil langkah kecilmu untuk segera menuliskan sebuah kata saat ini agar kelak, satu kata itu sudah menjadi sebuah buku yang akan bercerita tentang dirimu. Seperti peribahasa "Sehari sehelai benang, setahun selembar" kain. 

8 Responses to "5 Mood Booster Paling Favorit Bagi Penulis Pemula"

  1. Mantap buk tere,,, saya juga begitu,,,, cari suasana baru hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Pak. Yuk terus menjaga konsistensi dlm menulis.

      Delete
  2. Ini yg akan di bukukan Ibu Tere
    Mantabz ide nya kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Bu Liez ... Betul, Bu. Ini salah satu bahan tulisan di buku saya nanti.

      Delete
  3. Keren Bu Tere... sangat menginspirasi...

    ReplyDelete
  4. Bener Bu There kafang kita terjebak dg rutinitas yg membosankan sehingga mood jd hilang....sukses Bu There Gbu

    ReplyDelete
  5. Iya, Bu. Mksh ya. Smg artikelnya bermanfaat.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel