Beres - Beres Blog, Begini Caranya





Img source : https://images.app.goo.gl/JnR2G7GA7udfNt7U9

Blog adalah rumah bagi penulis. Jika ingin nyaman tinggal di rumah, tentunya kita harus rajin bersih - bersih dan beres - beres. Salah satu penyebab dosa besar blogger pemula, yang saya posting pada artikel sebelumnya  Baca di Sini   adalah blog yang tidak terawat, isinya tidak up to date, bahkan meminjam istilah anak muda sekarang, "kontennya garing". Aduuhh.

Namun, bagi seorang blogger pemula seperti saya, bukan hanya memperhatikan segi konten saja, kita pun perlu memperhatikan tata letak dari isi blog kita. Bercermin dari pengalaman kita sebagai ibu rumah tangga, walaupun kita sudah mempunyai rumah yang luas, lengkap dengan perabotannya, namun itu tidak akan nyaman ditinggali jika perabotan yang ada di dalamnya diletakkan sembarang saja.

Tata letak blog yang baik, juga akan menarik minat orang lain untuk mengunjungi blog kita. Namun, sebagai seorang blogger pemula, saya mengakui bahwa saya selama ini kurang memperhatikan tata letak dari blog saya ini. Bagi saya yang penting adalah menulis, menulis, dan menulis. Namun, pada saat saya berkunjung ke blog lain, saya merasa malu karena tampilan blog mereka begitu baik. Tata letaknya sungguh teratur. Waaahh ... bagaimana caranya ya ?

Saya coba searching artikel tentang cara mempercantik tampilan blog, lalu saya mendapat salah satunya artikel BerikutSaya coba membaca dan mempelajarinya dengan seksama. Namun tetap saja, saya masih belum mengerti. Lalu, saya teringat salah satu teman baru saya yaitu Pak Brian. Beliau adalah seorang guru yang juga peserta Belajar Menulis Gelombang 4. Saya banyak membaca tentang beliau, rupanya beliau sudah lama menjadi blogger, bahkan beliau juga sudah menerbitkan buku tentang blog. Untuk mengetahui tentang profil beliau, silakan berkunjung di blognya http://www.praszetyawan.com 

Singkat cerita, saya pun japri beliau dan akhirnya saya mendapat pencerahan untuk mulai beres - beres blog saya yang sederhana ini.

Pada Part 1 kali ini, yang saya lakukan adalah :
1.    Mengganti Tema Blog
Banyak sekali tema yang dapat dipilih oleh blogger. Baik yang sudah disediakan oleh blogspot maupun yang didapat dengan cara download. Karena saya masih belajar jadi blogger, maka saya gunakan tema yang sudah disediakan. Sebelumnya saya memilih Tema Sederhana, namun mulai hari ini saya memilih Tema dari PT Keren Sekali. O ya, alasan saya mengganti tema blog adalah supaya lebih eye catching dan fresh (semoga).
Cara untuk mengganti tema mudah sekali :
-       Masuk ke akun blog kita
-       Klik Tema dan pilih tema yang kita inginkan 
-       Untuk melihat terlebih dahulu, klik pratinjau 
-       Jika sudah yakin, klik terapkan ke blog 
-       Lihat hasilnya  di blog kita 


2. Mengatur ulang widget yang ada di sidebar dengan menambahkan atau menghapus gadget
Memilih widget – widget apa yang akan ditampilkan di blog. Saya baru sadar bahwa ada beberapa widget di sidebar yang sama. Contohnya : postingan popular dan arsip blog.
Cara untuk menghapus widget yang tidak diinginkan : masuk akun blog, klik tata letak, lalu lihat bagian kanan atau kiri ada tulisan “sidebar”. Jika akan menghapusnya tinggal klik edit lalu hapus.
Sebaliknya, jika ingin menambahkan, bisa klik “Tambahkan Gadget” lalu pilih apa yang akan ditambahkan.



3.    Memperbaiki menu navigasi
Sebenarnya ini adalah akar masalah yang saya bereskan hari ini. Karena saya melihat di blog lain, ketika klik menu navigasi, maka artikel – artikelnya akan muncul. Sementara, sampai tadi siang, ketika saya klik menu navigasi, misalnya : Puisi, tampilannya seperti ini :


Padahal, dalam blog saya sudah ada beberapa puisi dan disertakan label Puisi juga sesuai dengan menu navigasinya.
Dan …. Akhirnya setelah saya bertanya pada Pak Brian, saya pun dapat memperbaiki menu navigasi di blog saya. Ini hasilnya :


Senang sekali rasanya, pekerjaan beres – beres saya bisa sukses sesuai yang diharapkan. Terima kasih Pak Brian. Sekarang agaknya tampilan blog saya lebih fresh dan eye catching.

Kesimpulannya : Rawatlah blog kita seperti rumah kita sendiri. Rajin – rajinlah melakukan blog walking agar tidak mengalami kebuntuan ide dalam menulis, jangan malu bertanya, dan bagikanlah pengalaman kita sedikit apapun kepada orang lain, siapa tahu bermanfaat bagi mereka. Berbagi bukan perkara ahli, tapi perkara hati.



9 Responses to "Beres - Beres Blog, Begini Caranya"

  1. Kerenn banget.... Tulisan pro ini mah. Saya saja nggak kepikiran untuk nulis dengan ide topik seperti ini di buku saya.

    Tulisan ini betul-betul pencerahan untuk teman-teman yang baru memulai ngeblog.

    Btw, makasih lho Bu blog saya di promosikan terselubung hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Pak. Saya hanya memakai jurus melawan lupa kok, Pak. Hehehe

      Delete
  2. Replies
    1. Trm ksh kunjungannya ya, Pak. Sy masih sangat perlu motivasi seperti ini.

      Delete
  3. Nanti malam ya gel 5 insyaAllah mau menyimak, dr kmr msh bingung pokok menulisss saja tanpa maksd hhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya Ibu sudah masuk di gelombang 4 ? Kalau sudah, ibu tidak perlu gabung di grup gel 5 lagi, Bu.

      Delete
  4. trims infox bu,,, sangat bermanfaat bagi saya yang baru belajar di dunia per-bloger-an...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel