Cari Tahu Mudahnya Mengubah Voice Note WhatsApp Menjadi Teks



Img source : https://images.app.goo.gl/cvY5x9UTawKskSZF7

Tadi malam, saya dan peserta Kegiatan Belajar Menulis Gelombang 4 lainnya, kembali belajar menulis bersama narasumber handal, yaitu Ibu Sri Sugiastuti. Beliau berbagi seputar pengalamannya dalam menulis dan menerbitkan buku di penerbit indie dan penerbit mayor. 

Ada yang berbeda dalam kegiatan belajar menulis tadi malam. Ibu Sri Sugiastuti, menggunakan voice note dalam menanggapi pertanyaan - pertanyaan dari peserta. Bukan hanya sekali, namun beberapa kali beliau merekam suaranya lalu mengirimkan tanggapannya dalam bentuk voice note, yang merupakan salah satu fitur bawaan dari aplikasi WhatsApp itu sendiri. 

Seperti sebelumnya, Pak Wijaya (Om Jay) meminta kami untuk menuliskan resume dari materi yang disampaikan oleh narasumber, baik itu materi langsung seperti yang disajikan Ibu Sri dalam bentuk file ppt, maupun materi tidak langsung yang diperoleh dari forum diskusi di kolom chat WA. 

Biasanya, para narasumber menanggapi pertanyaan peserta melalui kolom chat juga, sehingga memudahkan kami untuk langsung "copas" percakapannya lalu diedit dengan bahasa yang lebih komunikatif sesuai anjuran Om Jay di sesi awal Kegiatan Belajar Menulis. 

Bagi saya, hal yang dilakukan oleh Ibu Sri Sugiastuti bukanlah sebuah beban. Namun merupakan cara unik untuk memantik kreativitas kami. Bagaimana caranya untuk menyusun resume yang cepat dan tepat di mana sebagian materinya terdapat dalam bentuk audio ?

Saat itu, saya terpikirkan sebuah aplikasi dari playstore, yaitu : Speech Note. 


Saya pun mencoba untuk menggunakan aplikasi Speech Note untuk mengubah Voice Note menjadi teks. Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut : 
1. Instal aplikasi speech note
2. Siapkan whatsapp web atau gunakan 2 buah HP. Satu HP berfungsi untuk memutar audio / voice note, satu HP gunakan untuk speech note. 
3. Buka speech note, klik icon mic 



4. Putar voice note di WhatsApp Web atau di HP yg satu. Maka otomatis Voice Note akan berubah menjadi teks di HP yang terinstal aplikasi speech note. 

5. Jika ingin lanjut mengedit teks di laptop, gunakan tombol panah di bagian atas. Lalu bagikan lewat bluetooth laptop atau bisa juga bagikan langsung di aplikasi lainnya dengan memilih aplikasi yang ingin digunakan.


Nah, mudah bukan cara mengubah voice note WhatsApp menjadi teks ? Yuk, instal aplikasinya dan dapatkan kemudahan menulis resume dengan menggunakan aplikasi ini.

Jika teman - teman mempunyai aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mengubah Voice Note WhatsApp Menjadi Teks, silakan berkontribusi dengan menulis di kolom komentar. Terima kasih. 




10 Responses to "Cari Tahu Mudahnya Mengubah Voice Note WhatsApp Menjadi Teks"

  1. Penjelasan dan tutorialmya mantap
    Aplikasi voice note banyak membantu nih

    ReplyDelete
  2. Voice note sangat membantu menulis dlm waktu singkat mantulll

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, waktu pelatuhsn editor, disebut soal speach noot ini, krn hp penuh, blum jd teraplikasi saat itu. saat acara sagu sabu di Lima Pluh Kota bbrp bulan kmdiannya,saya di pandu oleh ibu Iwa atau Biyay akrabnya. dah doaplikasikan. prakteknya sekarang yg kurang jalan...blum sempat trus. krnteori kurang dan praktek jarang, dia jadi hilang dan gaptek juga tuh...namun semangatku terus membaja tuk up gred ilmu di sini salah duanya. wassalam sukses tuk kita semua.

    ReplyDelete
  4. Trm ksh utk sharing pengalamannya, Bu. Smg artikel sederhana ini bs bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih Bu Tere, sharing ilmunya, sangat bermanfaat. Akan saya coba.

    ReplyDelete
  6. Bu Tere memang sangat jeli melihat peluang ide tulisan. Tentu artikel ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Hehehe, biasa orang marketing kan gt, Pak. Penulis itu adalah seorang penjual ide.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel