Menulis Konten HOTS di Blog, Siapa Takut !



Img source : https://images.app.goo.gl/Ze5oPsDrZT14LYjJ8 



“Semua orang bisa ngeblog di mana saja dan kapan saja. Hal ini akibat perkembangan jaringan internet. Jika Anda seorang blogger pemula, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara membuat blog Anda unik dan menarik agar semakin banyak pembaca mengunjungi blog Anda”



Dalam hitungan detik, ribuan tulisan dapat dibaca di internet. Tulisan – tulisan itu terdiri dari beragam konten. Para pengguna internet dapat secara bebas mengakses segala macam informasi sesuai kebutuhan mereka dari informasi yang tersedia di website dan blog. Pertumbuhan jumlah blog yang begitu pesat setiap saat menjadi tantangan tersendiri bagi para blogger pemula untuk tetap eksis.

Agar blog yang sudah kita buat tetap eksis, kita harus menyajikan konten yang menarik dalam blog kita. Salah satu trik yang dapat kita lakukan untuk menulis konten yang unik dan menarik adalah dengan menuliskan konten High Order Thinking Skill (HOTS). Karena sangat jarang blog yang memuat Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, bahkan buku sekalipun.  Sehingga mengisi blog dengan konten seperti ini akan menjadi celah yang berarti sebuah kesempatan untuk memancing pembaca agar mengunjungi blog kita.

Bagi seorang guru, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi erat kaitannya dengan Taksonomi Bloom.

Berdasarkan tabel di atas, kita mendapat keterangan bahwa tingkat keterampilan berpikir meliputi : pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, evaluasi, dan kreasi / mencipta, yang dikelompokkan menjadi LOTS, MOTS, dan HOTS. Kita dapat menggunakan Kata Kerja Operasional yang terdapat di setiap ranah untuk membuat judul tulisan. Contohnya sebagai berikut :

C1       : Koleksi kata – kata Mutiara bidang pendidikan (berguna untuk memotivasi)
C2       : RPP 3 komponen, bagaimana cara mudah membuatnya ?
C3       : Situasi sekolah – sekolah di negara yang dilanda virus corona
C4       : Memaksimalkan peran kepala sekolah dalam membentuk guru penggerak
C5       : Langkah yang harus dilakukan jika sekolah diliburkan karena waspada terhadap penyebaran virus corona
C6       : Situasi yang kita rasakan sebelum dan sesudah Nadiem menjadi Mas Mendikbud

Jika kita ingin menulis konten yang mengandung HOTS, maka Kata Kerja Operasional (KKO) yang kita gunakan berada pada ranah Analisis, Evaluasi, dan Kreasi (C4 - C6). Berikutnya, hal terpenting yang harus kita perhatikan jika ingin membuat tulisan berkonten HOTS adalah kita harus melakukan riset terlebih dahulu. Riset bisa dilakukan dengan cara mengumpulkan berita – berita terkait topik atau judul yang akan kita tuliskan. Selain itu, sebagai blogger pemula, ada baiknya kita berlatih untuk membuat tulisan yang menyasar tingkat keterampilan berpikir yang lebih rendah dulu (C1-C3) sebelum kita mulai menulis konten yang memuat HOTS. Namun, jika Anda ingin segera menulis, mulailah menulis dari hal yang Anda kuasai dan Anda sukai, tanpa berpatokan pada tingkatan C1 – C6.

Bagi seorang blogger pemula, urutan Taksonomi Bloom bisa juga diterjemahkan secara digital seperti berikut ini :
C1       : Anda bisa memuat ulang tulisan orang lain di blog Anda (wajib mencantumkan sumbernya agar tidak kena pasal plagiasi)
C2       : Anda datang ke suatu acara pendidikan dan melaporkan kunjungannya
C3       : Mulai belajar menulis dan melakukan swa editing alias membaca ulang tulisan sebelum diupload
C4       : Menulis mengenai fenomena pendidikan
C5       : Membuat penilaian mengenai suatu fenomena
C6       : Membuat rekaman suara Anda di Podcast 


Sistematika tulisan juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh seorang penulis. Untuk mempermudah pembaca dalam memahami sebuah tulisan, sebaiknya seorang penulis membuat pokok pikiran setiap paragraf, dengan desain seperti berikut ini :

·         Paragraf 1     : Situasi terkini serta masalah
·         Paragraf 2     : Pembahasan
·         Paragraf 3     : Saran serta solusi

Jadi, kalau boleh dibilang, menulis di blog itu susah – susah gampang. Hal ini sebenarnya menarik karena sebagai insan kreatif, ketika kita mulai menulis, maka kita harus bersedia masuk ke dalam sistem yang ada dan mau tidak mau harus mengikuti pola perubahan yang kadang tidak enak. Namun, satu hal yang harus kita pastikan adalah jangan terlalu lama menimbang dan berpikir. Kesuksesan akan datang ketika seseorang mencobanya. Tidak ada yang sia – sia. Jika berhasil berarti Anda sukses, jika gagal berarti Anda belajar.

Kesimpulannya : menulislah sebelum Anda menjadi ahli dari sebuah hal yang Anda tekuni. Menulis membuat Anda dipaksa untuk terus memoles ide – ide Anda dan memaksa Anda untuk belajar dan belajar. Dengan menulis, Anda jadi berbagi apa yang SEDANG Anda pelajari. Dan Anda akan menarik orang – orang yang lebih ahli dari Anda untuk berbagi ilmunya kepada Anda. Lebih banyak tulisan yang Anda hasilkan, akan lebih cepat proses belajar Anda.





Sumber : Materi Belajar Menulis Gelombang 5
Narasumber : Pak Agus Sampurno
Dibagikan oleh : Pak Wijaya Kusuma di Grup Belajar Menulis Gelombang 4 









2 Responses to "Menulis Konten HOTS di Blog, Siapa Takut !"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel