Paling Dicari ! Ini Bahan Edukasi Virus Corona Bagi Anak - Anak




img source : https://images.app.goo.gl/j1uyDc87F95PgzSm7 



Pasca dikeluarkannya surat edaran dari pemerintah Kota Solo, Kota Jakarta, dan beberapa daerah lainnya tentang kebijakan lockdown, sekolah – sekolah diliburkan selama 2 pekan. Ini artinya, anak – anak akan stand by di rumah selama 24 jam sehari di rumah. Maksud dari kebijakan lock down ini adalah untuk mengurangi dampak penyebaran virus corona. Namun sayangnya, banyak orang tua yang justru keliru dalam memahami maksudnya, sehingga ketika larangan itu diberlakukan di kota atau daerah mereka, mereka justru mengajak anaknya  bepergian ke daerah lain yang tidak atau belum memberlakukan lock down. Baca berita selengkapnya DI SINI 
Ini adalah salah satu kekeliruan yang dilakukan oleh orang tua. Seharusnya orang tua bisa lebih tanggap dalam upaya mengedukasi anak – anaknya tentang pencegahan virus corona, namun yang terjadi malah sebaliknya.  


Berdasarkan pengalaman penulis ketika bepergian dengan menggunakan moda transportasi udara, penyelia awak kabin akan menginformasikan prosedur keselamatan dengan seksama sesaat sebelum pesawat take off. Salah satu bagian dari prosedur tersebut adalah prosedur keselamatan bagi penumpang yang membawa anak bayi / balita. Lebih jelasnya, ada petunjuk bahwa untuk menolong anak (memakai masker) saat terjadi turbulensi udara dan tekanan udara di kabin berkurang secara tiba – tiba, maka orang tua harus memakai masker untuk dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum menolong orang lain.
Dari situ nampak jelas bahwa sebelum mengedukasi anak – anak mereka terkait pencegahan virus corona, terlebih dahulu mereka harus membekali diri dengan materi – materi edukasi yang dapat mereka peroleh dari berbagai sumber.

Persoalan berikutnya yang terjadi adalah terkadang beberapa orang tua merasa kesulitan untuk menjelaskan kepada anak – anaknya tentang sebuah fenomena yang terjadi. Terutama, bila anak – anak mereka mempunyai sikap kritis. Seperti yang penulis alami sendiri. Penulis mempunyai seorang anak yang berumur 3 tahun. Dalam satu kesempatan, penulis mencoba mengedukasi anak ini tentang pentingnya mencuci tangan pakai sabun (CTPS) sebagai salah satu langkah pencegahan Virus Corona. Ternyata, muncul pertanyaan tak terduga dari anak penulis yang menanyakan, “Apa itu Virus Corona ?, “Dari mana asalnya virus ?” Belum lagi dengan pertanyaan lainnya.

Terus terang penulis merasa kesulitan juga untuk menjelaskannya. Namun, penulis bersyukur karena penulis mendapatkan sebuah artikel mengenai cara menjelaskan virus corona ini dengan kalimat dan cara yang mudah dimengerti oleh anak – anak. Artikelnya dapat didownload DI SINI

Dengan adanya bahan edukasi yang mudah dipahami bukan hanya oleh orang tua, tetapi juga anak, maka orang tua akan semakin terbantu dalam menjaga dan melindungi diri dan keluarganya dari bahaya penyebaran virus corona. Mulailah bergerak dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Yuk, jangan tunggu semakin parah. Dunia tidak akan berubah jika kita sendiri enggan untuk berubah.

4 Responses to "Paling Dicari ! Ini Bahan Edukasi Virus Corona Bagi Anak - Anak"

  1. Makin keren ajja blognya buk tere,,, salut deh aku 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh, Pak Naf. Semoga tidak bosan2 mengunjunginya. Anggap saja rumah sendiri. Hehhe

      Delete
    2. Mari lindungi kelurga kita dari virus corona..
      Mohon di koreksi dan masukan tulisan saya Ibu Tere,
      [https://rachman.batur.id/] tulisannya ibu tere mantap

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel