Cara Mudah Menulis dan Mengirimkan Artikel ke Majalah Suara Guru



Majalah Suara Guru, guru menulis, artikel, kirim artikel
Cover Majalah Suara Guru Tahun 1954 dan 2020



Penulis sudah menjadi guru selama 15 tahun. Selama menjadi guru, penulis sudah beberapa kali membuat artikel yang dipublikasikan di majalah dan surat kabar. Hal itu tentunya membuat penulis merasa bangga, apalagi ada bonus yang diterima oleh penulis, berupa honor menulis dan nilai angka kredit. Apakah Anda juga tertarik untuk menulis artikel dan mempublikasikannya di majalah atau surat kabar ?

Menulis, menulis, dan menulis. Akhir – akhir ini Penulis sering sekali membahas tentang pentingnya seorang guru untuk menulis. Hal ini disebabkan oleh upaya yang sedang penulis lakukan untuk mengajak Anda semua, khususnya guru untuk memanfaatkan waktu bekerja dari rumah dengan lebih bermanfaat. Dari semua jenis kegiatan yang penulis pernah lakukan selama bekerja dari rumah, ternyata kegiatan menulis ini adalah kegiatan yang sangat bermanfaat.

Banyak sekali manfaat menulis yang dirasakan oleh penulis. Di antaranya, kita sebagai guru dapat lebih mudah mengekspresikan bakat serta minat kita. Misalnya, penulis senang membaca. Ketika sumber bacaan tidak tersedia, maka penulis mencoba menulis apa yang ingin penulis ketahui dengan cara merangkum dari berbagai sumber terkait topoik tulisan tersebut, lalu membacanya. Hal ini ternyata sangat efektif dan memberikan kepuasan sendiri. Selain itu, jika seorang guru menulis, tentunya dapat meningkatkan keterampilan menulis yang baik dan benar untuk kepentingan penulisan administrasi dan karya tulis ilmiah guru. Manfaat lainnya penulis sebut sebagai bonus. Ya, menulis bisa mendatangkan bonus, entah berupa hadiah buku dan benda lainnya atau hadiah berupa uang.

Ketika penulis mengupas tentang manfaat menulis, khususnya bagi guru, pasti dalam diri Anda akan muncul sebuah keinginan untuk mulai menulis. Namun, terkadang keinginan itu tidak sampai terwujud dengan beraneka alasan. Di antara sekian alasan adalah seorang guru tidak tahu cara menulis yang baik dan benar. Memang semua orang bisa menulis, namun untuk menulis sesuatu secara baik dan benar, tentunya diperlukan langkah – langkah tertentu. Apalagi jika ingin menulis artikel untuk dipublikasikan di majalah atau surat kabar.

Dalam kegiatan Belajar Menulis Gelombang 4 tadi malam, seperti biasa Om Jay menghadirkan narasumber terkemuka. Kali ini tak tanggung – tanggung, beliau menghadirkan Pemimpin Redaksi Majalah Suara Guru PB PGRI, yaitu Dr. Jejen Musfah, M.A.

Dr. Jejen Musfah, M.A menghimbau agar semua guru dapat memanfaatkan Majalah Suara Guru PB PGRI sebagai arena untuk berbagi inspirasi kepada guru – guru lain di seluruh Indonesia, melalui artikel, opini, berita, dll.

Opini intinya merupakan gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yang terjadi. Beliau menegaskan bahwa Majalah Suara Guru mengutamakan bidang pendidikan, sesuai dengan brand majalah tersebut. Hal ini juga didasari pemikiran bahwa pendidikan merupakan sektor yang sangat vital di suatu negara, sehingga berbagai kebijakan dan fakta pendidikan akan selalu hadir dan dapat dijadikan sebagai bahan untuk menulis.

Untuk mempermudah pelayanan dan akses pada guru yang ingin berbagi tulisannya melalui majalah tersebut, pihak redaksi sudah menyediakan akses majalah suara guru online, yang dapat di akses pada laman berikut  http://suaraguruonline.com                   


“Setiap  dua bulan, majalah versi cetak akan dicetak sebanyak 5.000 eksemplar dan didistribusikan ke hampir 34 provinsi.” Ungkap Dr. Jejen. Para guru dapat berkontribusi dalam berbagai rubrik yang disediakan yaitu : opini, resensi, sastra, destinasi, dll.



Syarat menulis artikel di Majalah Suara Guru PB PGRI :
1.  Menyebutkan status dan foto
2.  Tulisan sesuai dengan rubrik yang disediakan (Opini, resensi, sastra, destinasi, dll)
3.  Diutamakan bidang pendidikan
4.  Mengangkat isu aktual
5.  Tulisan dikirimkan via email ke alamat : majalah.suaraguru@gmail.com

Selain syarat – syarat di atas, tidak ada ketentuan khusus lainnya untuk menulis dan mengirimkan artikel ke redaksi Majalah Suara Guru PB PGRI. Oleh karena itu, penulis mengajak Anda semua, khususnya guru untuk mulai menulis dan berkontribusi di Majalah Suara Guru PB PGRI ini. Jangan takut dan ragu dengan kualitas tulisan Anda sebab nanti akan ada tim editing redaktur yang siap membantu. Selamat menulis !


5 Responses to "Cara Mudah Menulis dan Mengirimkan Artikel ke Majalah Suara Guru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel