Cari Tahu, Rahasia Sukses Menulis Dengan Rumus 3 B






Tidak terasa, hari ini adalah pertemuan ke 32 pada kegiatan Belajar Menulis Gelombang 4 yang diselenggarakan oleh Om Jay dkk. Tadi malam, penulis mencoba menelusuri jejak – jejak tulisan yang sudah penulis posting di blog ini. Sudah lebih dari 30 tulisan menghiasi blog sederhana ini.

Penulis mencoba melakukan refleksi terkait kemampuan dan keterampilan menulis dengan cara membandingkan tulisan pertama yang penulis buat dengan tulisan – tulisan berikutnya. Penulis dapat melihat bahwa ada perbedaan dari cara penyajian tulisan dan juga detail pembahasan yang semakin membaik.

Namun, tentunya hasil yang penulis dapatkan ini adalah berkat bimbingan dan motivasi dari Om Jay bersama para narasumber hebat yang setia dalam mendampingi kegiatan Belajar Menulis Gelombang 4. Penulis juga menyadari bahwa sebenarnya skill menulis itu ibarat sebuah pisau yang terus menerus harus diasah agar tetap tajam.

Pada siang hari ini, melalui pertemuan ke 32, penulis bersama dengan para peserta kegiatan Belajar Menulis, akan belajar dan mencari tahu tentang rahasia sukses menulis bersama seorang narasumber hebat lainnya dalam topik “Belajar, Belajar, dan Belajar Menulis Setiap Hari”.



Narasumber kegiatan Belajar Menulis hari ini adalah Bapak Dr. Uswadin, M.TPd.          Beliau lahir di Brebes, 15 Maret 1968. Pendidikan terakhir beliau adalah S3 di Universitas Negeri Jakarta dan saat ini beliau menjabat sebagai Kepala SMP Labschool Cibubur, selain itu beliau juga berperan sebagai pengembang Labschool UNJ. Beliau dapat dihubungi via email : dinuswa15@gmail.com. Motto hidup beliau,”Bermanfaatlah untuk sesama”.

Seorang penulis besar dan terkenal pastilah menghasilkan banyak karya yang diminati oleh para pembacanya. Selama ini, pasti kita juga pernah mengkhayal suatu saat kita akan menjadi penulis yang hebat, seperti Tere Liye, Asma Nadia, Andrea Hirata, dan penulis – penulis hebat lainnya.

Namun, tahukah Anda, di balik kesuksesan mereka, tersimpan sederet perjuangan yang telah mereka lewati untuk mencapai titik kesuksesan seperti saat ini. Tidak ada seorang penulis yang begitu “lahir” langsung hebat dan terkenal. Menurut Dr. Uswadin, menulis memerlukan kemampuan dan keterampilan tersendiri. Di samping itu, kita juga harus terus mengevaluasi kekurangan – kekurangan kita dalam menulis. Jika hal ini kita lakukan, maka kualitas tulisan dan kemampuan menulis kita akan semakin baik.

Faktor Penting Dalam Menulis

Untuk dapat menulis dengan baik, kita harus : 
  1. Mengalahkan diri kita sendiri : misalnya rasa malas, tidak percaya diri, dan merasa tulisan kita tidak bermakna
  2. Menyiapkan waktu untuk menulis
  3. Memanfaatkan ide yang ada yang muncul kapan saja. Sebaiknya tulis dulu ide tersebut berupa draft di dalam hp kita, berisi point - point penting yang akan dikembangkan dalam tulisan kita. Ide merupakan hal yang penting karena akan menunjukkan konten yang jelas dan inilah alasan kita menulis dan alasan kita akhirnya berani menulis. 

Memulai itu adalah sesuatu yang terbaik, jangan menunggu sempurna. Karena tulisan yang baik adalah tulisan yang sudah selesai. Jangan takut dan ragu untuk menulis, tulislah apa yang bisa dilakukan, karena semua orang bisa menulis. Jika kita berani membaca, membaca, dan membaca, maka kita pun harus berani menulis, menulis, dan menulis. (quote by : Dr. Uswadin)

Menulis Dengan Sukses 

  1. Menulis ide yang muncul kapan saja dalam bentuk draft
Kita tidak pernah menduga bahwa ide bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, buatlah sebuah draft untuk menampung ide tersebut.


Contoh ide yang ditulis di buku kecil sebelum menjadi tulisan yang lengkap. Dengan menulis ide seperti ini, maka kita kita tidak perlu khawatir jika ide tersebut akan hilang.                                            

  1. Mengembangkan point - point tulisan pada draft yang sudah ditulis                       
Setelah kita memiliki draft tulisan, maka carilah waktu yang baik untuk mengembangkan point - point pada draft tersebut. Dan bisa juga dilengkapi dengan riset kecil - kecilan seperti melakukan studi pustaka agar memperoleh banyak referensi terkait dengan ide yang akan kita kembangkan tersebut. Berikut ini adalah contoh pengembangan draft yang dibagikan oleh  narasumber :

Draft :
Semua kejadian pasti ada hikmah    
Pengembangan :
Adanya sebuah keyakinan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah karena Allah swt akan memberikan hikmah di dalamnya. Allah telah berfirman dalam kitab suci yang artinya : Tidak ada sesuatu yang sia-sia dari penciptaan Allah (QS 3: 191). Allah berkehendak atas segala sesuatu yang terjadi di bumi ataupun di langit, karena Dia adalah maha berkehendak (QS 85:16). Peristiwa terjadinya Corona Virus di daerah Wuhan China di penghujung tahun 2019 dan akhirnya melebar hampir menyentuh seluruh negara di dunia sehingga menjad wabah pandemik yang dikenal dengan Pandemik Covid-19.

3.  Membagikan tulisan kepada publik melalui blog dan media sosial                                           
Hal ini dilakukan agar semakin banyak orang yang membaca dan mendapatkan manfaat dari tulisan yang kita buat. Berikut ini adalah link postingan tulisan Pak Uswadin pada beberapa media online :     
Selain media online, beliau juga mengirimkan tulisannya pada media cetak. Beliau memotivasi para peserta agar berani untuk mengirimkan tulisan ke media cetak dengan maksud menumbuhkan kebanggaan tersendiri dalam diri setiap penulis jika tulisannya dimuat di surat kabar yang sudah populer atau berskala nasional. Berikut ini adalah contoh tulisan beliau yang dimuat di salah satu media cetak :



Menulis di blog juga tak kalah menarik dan menjadi tantangan tersendiri bagi beliau. Hal ini juga penulis rasakan. Mulai dari pemilihan judul yang unik dan menarik, menyajikan ide yang factual dan fresh serta menjaga konsistensi menulis konten di blog merupakan tantangan – tantangan yang harus dijalani oleh setiap blogger.

Penulis merasa sangat terkesan dengan produktivitas narasumber hari ini, karena beliau sukses menulis di berbagai media cetak dan elektronik dengan gaya bahasa yang sangat luar biasa memikat dan inspiratif. Silakan Anda baca juga tulisan beliau di blog pribadinya berikut ini : http://uswadinlabschool.blogspot.com/2020/04/pesantren-baiti-jannati.html

Beliau mengatakan bahwa jika kita terbiasa menulis maka tulisan – tulisan itu akan semakin mudah kita tuangkan menjadi buku, bahkan sebagai seorang guru, tulisan – tulisan kita dapat menjadi buku pelajaran sesuai mata pelajaran yang kita ampu. Karena setiap hari kita menekuni topik tersebut. Ini adalah buku yang beliau tulis sesuai mata pelajaran yang beliau ampu yaitu Pendidikan Kewarganegaraan serta beberapa buku lainnya karya beliau.

                         


                                   

Rupanya Dr. Uswadin bukan hanya produktif dalam melahirkan tulisan – tulisan yang inspiratif. Beliau juga kreatif dalam seni musik. Buktinya, beliau mampu menciptakan syair lagu yang beliau nyanyikan sendiri dari ide yang diperolehnya saat menulis. Contohnya adalah lagu berikut : https://m.soundcloud.com/uswadin-labschool/hebatnya-negriku

Rahasia Sukses Menulis Dengan Rumus 3 B


Banyak metode yang dapat diterapkan oleh seorang penulis agar dapat sukses menulis. Kali ini, penulis akan berbagi rahasia sukses menulis dengan rumus 3 B seperti yang disampaikan oleh narasumber kegiatan Belajar Menulis hari ini. Sebelum sampai pada rumus 3 B yang dimaksud, mari kita simak beberapa tips menulis yang bermanfaat berikut ini :

1.    Gunakan data dan fakta hasil penelitian untuk membuat buku.
Caranya sebagai berikut :
a.  Mengambil latar belakang dari penelitian ditulis lagi di bagian pendahuluan dengan bahasa yang simple / sederhana. Bisa juga dipecah menjadi 2 bab
b.  Menyampaikan penemuan penting atau ide penting yang diperoleh dari penelitian tsb. Bagian ini bisa di bagi menjadi 3 atau 4 bab.
c.      Menuliskan rekomendasi yang dapat dipetik dari penelitian tersebut sebanyak 1 bab
d.      Menuliskan kesimpulan dan penutup menjadi 1 bab
e.      Melengkapi tulisan dengan gambar agar tampilannya menjadi lebih menarik
2.    Menulislah dalam kondisi hati yang baik (mood baik) terutama bagi penulis yang masih mengandalkan mood untuk menulis. Jika suasana hati sedang baik, cenderung ide akan lebih mudah dituangkan dalam tulisan. Jangan pernah memaksakan diri untuk menulis.
3.  Biasakan melakukan swa editing sebelum tulisan diupload di media elektronik / media daring. Jika perlu, baca ulang tulisan sebanyak 3 kali agar mengetahui kekurangannya. Dan sebaiknya, mintalah orang lain untuk membacanya sebelum diupload.
4.   Kenali visi dan misi media online dan media cetak yang akan menerima tulisan kita. Bisa juga dengan menghubungi staf redaksi media tersebut.
5.    Strategi agar tulisan kita runtut / mengalir adalah dengan cara menyusun konsep – konsep dengan runtut. Konsep – konsep inilah yang nantinya akan menjadi “track” kita dalam menulis, sehingga ide tulisan kita mengalir dengan baik.
6.  Inventarisir ide sebanyak – banyaknya lalu rajutlah menjadi tulisan dan buatlah buku dari tulisan – tulisan itu.
7.    Menulislah terus agar semakin percaya diri dalam menghasilkan tulisan. Sebagai penulis pemula yang masih harus banyak belajar sebaiknya kita melakukan blog walking dan banyak membaca tulisan / buku penulis lain. Amatilah gaya menulis mereka lalu lakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). 


Dari semua tips menulis di atas, pada intinya rahasia sukses menulis terletak pada rumus    3 B, yaitu Belajar, Belajar, dan Belajar untuk menulis. Jangan mudah puas, keluarlah dari zona nyaman kita sebagai penulis. Sebab kepuasan seorang penulis tidak hanya dilihat dari berapa banyak karya yang dihasilkannya, namun yang lebih utama adalah, berapa banyak pembaca yang terinspirasi dari tulisan yang dihasilkannya. Oleh karena itu, tidak akan pernah ada kata cukup untuk belajar menulis. Teruslah menulis, tetaplah menginspirasi setiap generasi. Salam literasi.

26 Responses to "Cari Tahu, Rahasia Sukses Menulis Dengan Rumus 3 B"

  1. Cik gu....tulisan Anda semakin WOW....saja... sukses untuk cikgu Tere....

    ReplyDelete
  2. Semakin keren tulisannya Sist. Semangat trs sist

    ReplyDelete
  3. wow!!!! emang semakin keren tulisannya bu... sukses selalu

    ReplyDelete
  4. kuncinya untuk sukses dalam menulis adalah, fokus, konsisten dan memiliki komitmen tinggi

    ReplyDelete
  5. melaksanakan sesuai jadwal dengan disiplin dan penuh tanggungjawab

    ReplyDelete
  6. mantap, mantap, dan mantap..!!!

    ReplyDelete
  7. Super sekali pak, menginspirasi dan mantul pak

    ReplyDelete
  8. 3B siap, belajar belajar dan belajar menulis setiap hari ... mantabs tulisannya

    ReplyDelete
  9. Mari kita belajar belajar belajarmenukis setiap hari

    ReplyDelete
  10. Wow luar biasa jkz. Mampir ke cakinin.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Wow luar biasa jkz. Mampir ke cakinin.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. tulisan yang sangat baik.
    mhn tinggalkan jejak di halobelajarsesuatu.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. kereenn, penuh muatan ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  14. Cikgu sudah semakin mahir tulisannya. Selamat...m

    ReplyDelete
  15. 3 BT cikgu, belajar terus 3x hehehe

    ReplyDelete
  16. Kereen.... lebih keren apa yg disampaikan nara sumbernya. Sukses selalu.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel