DOWNLOAD GRATIS MATERI BELAJAR DI RUMAH UNTUK SISWA SD (PDF Doc dan Video Pembelajaran)



https://images.app.goo.gl/BJHbv3Yiafug72ns9
Belajar di Rumah

Dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid 19, Kemdikbud RI mengeluarkan Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. Salah satu pointnya adalah perihal pelaksanaan proses Belajar dari (di) Rumah.

Berikut adalah pernyataannya :
Proses Belajar dari Rumah dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
a.  Belajar dari Rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun keluiusan;
b.  Belajar dari Rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19;
c.   Aktivitas dan tugas pembelajaran Belajar dari Rumah dapat bervariasi antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/ fasilitas belajar di rumah;
d.  Bukti atau produk aktivitas Belajar dari Rumah diberi umpan baiik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif.

Untuk menanggapi kebijakan Belajar dari (di) Rumah tersebut, maka guru – guru telah berusaha memberikan layanan bantuan belajar bagi siswanya. Caranya pun bervariatif. Seperti yang dituangkan dalam Instruksi Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor : 443/01/PK/2020 pada tanggal 30 Maret 2020, guru – guru dapat memilih satu atau lebih dari metode – metode berikut :
a.  Metode online, yaitu guru dapat menyiapkan Kelas Maya menggunakan akses Rumah Belajar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di laman: http://belajar.kemdikbud.go.id  
b.  Metode offline, yaitu guru mengunduh materi – materi ajar dari internet atau Rumah Belajar, lalu dibagikan ke peserta didik masing – masing seblum dirumahkan untuk dipelajari dan dikerjakan selama masa dirumahkan; dan
c.   Metode penugasan secara manual, yaitu guru memberikan penugasan secara manual kepada peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar yang ada untuk dikerjakan di rumah masing – masing dan dikumpulkan pada saat masuk sekolah atau pada saat libur/dirumahkan dengan cara dikirimkan menggunakan email atau media sosial (whatsapp).

Dalam pelaksanaannya di lapangan, khusus di sekolah tempat penulis mengajar, di wilayah NTT, metode belajar online tidak bisa dilakukan. Hal ini dikarenakan 90 % siswa tidak bisa menggunakan internet. Akhirnya, penulis menyiapkan bahan Belajar di Rumah dalam bentuk video pembelajaran yang diupload di youtube lalu dibagikan di media sosial facebook. Dari kegiatan tersebut, sekitar 5 dari 20 siswa di kelas yang penulis ampu, dapat memanfaatkannya.

Ternyata apa yang dilakukan oleh penulis, yaitu membuat video pembelajaran dimanfaatkan oleh guru – guru dan siswa lain dari seluruh daerah di Indonesia. Berikut ini adalah hasil penelusuran di chanel youtube penulis : Theresia Sri Rahayu.




Untuk melengkapi video pembelajaran tersebut, penulis juga membuat bahan Belajar di Rumah berupa penugasan secara manual kepada peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar yang ada untuk dikerjakan di rumah masing – masing dan dikumpulkan pada saat masuk sekolah.





10 Responses to " DOWNLOAD GRATIS MATERI BELAJAR DI RUMAH UNTUK SISWA SD (PDF Doc dan Video Pembelajaran) "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel