Jangan Hanya Bisa Jadi Pembaca, Anda Juga Harus Bisa Jadi Penulis di Gramedia



menulis dan menerbitkan buku di gramedia
img source Rak Buku Top Ten di Gramedia PIM, Jakarta



Siapa yang tidak pernah pergi ke Gramedia ? Sebagai sebuah toku buku , Gramedia mudah dijumpai di kota – kota besar yang ada di Indonesia. Selain itu, Gramedia juga biasa terdapat di dalam pusat – pusat perbelanjaan besar seperti mall. Hal ini tentunya memudahkan para penggemar buku untuk mendapatkan buku – buku yang mereka sukai.

Pada saat penulis masih tinggal di Kota Bandung, penulis selalu menyempatkan diri untuk pergi ke Gramedia. Butuh waktu berjam – jam sampai akhirnya penulis membeli beberapa buah buku. Hal ini karena penulis merasa ingin membaca semua buku berkualitas yang ada di sana. Untungnya, di beberapa rak buku, tersedia buku – buku yang bisa dibaca gratis sebelum membelinya. Tentunya, kita hanya bisa memnbaca sekilas, namun hal ini tetap saja merupakan hal yang mengasyikan.

Lihat, mudah sekali kan jika kita ingin membaca dan mendapatkan buku berkualitas di Gramedia ? Namun, setiap kali penulis mengunjungi Gramedia, penulis selalu terpaku pada satu rak yang sangat istimewa. Rak buku ini dihias dan diletakkan sedemikian rupa sehingga para pengunjung dapat langsung tertarik untuk menikmati buku – buku yang ada di sana. Tak lain dan tak bukan, rak yang dimaksud adalah Rak Buku Best Seller. Saat terpaku seperti itu, terlintas dalam benak penulis, bagaimana caranya agar suatu saat, penulis dapat menulis buku, diterbitkan oleh Gramedia dan buku tersebut dipajang di rak tersebut.

Hari ini, dalam kegiatan Belajar Menulis Gelombang 4, Om Jay menghadirkan narasumber yang akan berbagi tentang pengalaman beliau dalam menulis dan menerbitkan buku di penerbit nasional seperti Gramedia. Beliau adalah Bpk. Amir Faisal.

Amir Faisal dikenal sebagai seorang trainer, business inspirator, konsultan marketing beberapa perusahaan go green industry, dan salah satu pemegang International Certified on NLP (Neuro Linguistic Programming), lisenced from California, dengan coach Syaiful Bahri dan Stefanus Izaac Tamsil, Lisenced Certified on Persuassive Communication dari Ronny FR, dan Certified on Basic Multiple Intelligence serta Certified on Quantum Learning by Bobbi de Potter.

Selain menjadi Business Coach, trainer / praktisi NLP, beliau juga aktif di Kadin Komite Timur Tengah serta menjadi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Asprindo. Dan beliau juga produktif dalam menulis buku yang diterbitkan oleh penerbit – penerbit besar berskala nasional seperti Gramedia Group, Change, Farisma Publishing, dll. Dari buku – buku yang ditulisnya ini, beliau menyatakan sangat bangga dan bersyukur karena beliau sebenarnya tidak memiliki ilmu dan pengalaman dalam dunia menulis, bahkan beliau juga bukan dari kalangan akademisi, namun beliau bisa menghasilkan buku best seller di bidang pendidikan. Dan akhirnya beliau juga dikenal sebagai seorang motivator pendidikan.

Pengalaman beliau dalam menulis buku dan menerbitkan bukunya di Gramedia dapat dilihat pada video berikut :



Berdasarkan sharing yang dibagikan tersebut, berikut adalah tips – tips menulis dan menerbitkan buku di Gramedia yang dibagikan oleh Bpk. Amir Faisal :
·      Tentukan genre tulisan kita. Genre adalah sifat genetik karya Anda. Apakah novel, komik, roman, psikologi, travelling, dll
·     Prediksi minat pembaca dalam pasar kita. Hal ini bisa dilakukan sebagai berikut : jika kita memilih genre novel, maka carilah contoh novel yang dijual di Gramedia. Dengan begitu kita akan tahu minat pembaca dalam pasar kita sekaligus minat penerbitnya.
·   Menulislah dengan berani dan percaya diri. Jika Anda tidak punya pengalaman dalam topik / bidang yang akan Anda tuliskan, cobalah membaca banyak buku dan mengikuti pelatihan terkait topik tersebut. Intinya, Anda perlu mengenali diri Anda sendiri sebelum menulis. Tentukan personal branding Anda dan perjuangkan serta bangunlah personal branding itu melalui tulisan – tulisan di buku Anda.
·  Pastikan buku Anda laku dijual. Ukuran kualitas tulisan bukan terletak pada tebalnya buku. Melainkan laku atau tidaknya buku tersebut. Untuk buku terbitan Gramedia, ada standar waktu sekitar 6 bulan untuk mengetahui apakah buku itu berkualitas atau tidak. Caranya dengan melihat sirkulasi buku tersebut. Sedangkan jika buku itu bukan terbitan Gramedia, biasanya hanya dilihat selama 2 minggu, jika sirkulasinya buruk, maka buku tersebut akan didrop.
·   Pastikan karya yang Anda hasilkan merupakan karya original. Kurangi hal – hal yang bersifat teoritis seperti kajian pustaka.
·  Bertindaklah sebagai penulis yang juga sebagai marketing buku Anda sendiri. Sekalipun buku Anda sudah diterbitkan oleh Gramedia yang notabene merupakan toko buku besar dengan banyak cabang di kota – kota yang ada di Indonesia. Pelajari tips marketing buku pada artikel berikut https://www.cikgutere.com/2020/04/strategi-pemasaran-buku-yang-efektif.html 
·  Bangunlah konsistensi Anda dalam menulis. Mulailah dari passion hidup Anda sendiri.
·  Tulislah buku yang menampilkan keunikan dari antara topik – topik lain yang pernah ditulis. Misalnya ketika Anda menulis buku dengan topik Teknik.

17 Komentar untuk "Jangan Hanya Bisa Jadi Pembaca, Anda Juga Harus Bisa Jadi Penulis di Gramedia"

  1. Aduh....keren... semakin hebat aja cikgu Theresia....sukses ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trm ksh apresiasinya sangat memotivasi sy, Bu.

      Hapus
  2. Semakin enak baca tulisan bu tere. Tks

    BalasHapus
  3. keren bu...kalu pengalaman sendiri jadi mengalir. selamatdan semnagat cikgu tere...anda luar biasa

    BalasHapus
  4. Selamat ibu, luar biasa menginspirasi

    BalasHapus
  5. Mantap Bu Tere šŸ‘šŸ» selamat

    BalasHapus
  6. Tulisannya mengalir enak dibacanya.
    Menginspirasi

    BalasHapus
  7. Menginspirasi gaya menulisnya bu

    BalasHapus
  8. Pembukanya hebat menggiring masuk materi. Luar biasa.

    BalasHapus
  9. Jadi tahu gaya menulis cikgutere, kerenn.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel