Menulis Semudah Berbicara, Buktikan Sendiri




aplikasi untuk menulis, artikel, menulis, pemula, literasi, tips menulis,
Aplikasi untuk Menulis


“Saya ingin menulis di blog, tapi seringkali tidak ada waktu. Apalagi sebagai ibu rumah tangga yang sibuk juga mengajar online, rasanya sulit sekali membagi waktu. Kadang – kadang, ide datang di saat yang tidak tepat. Misalnya saat mendampingi anak belajar, bahkan saat mencuci piring dan memasak. Saya berusaha menuliskannya setelah saya menyelesaikan semua kewajiban, namun akhirnya ide yang tadi sudah tidak bisa diingat lagi dan saya pun gagal menulis.”
(Anonym – guru blogger pemula)

Apakah Anda juga pernah mengalami hal seperti di atas ? Anda sangat ingin menulis, namun gagal dalam menulis hanya karena ide yang tidak segera ditulis. Ataukah Anda juga pernah mengalami kebuntuan ide saat menulis ?

Setiap penulis pemula, pasti pernah mengalami kendala dalam menulis. Namun, tidak semua penulis pemula yang berusaha bangkit dan terus menulis. Kebanyakan mulai patah arang dan akhirnya blog yang sudah dibuatnya menjadi tidak berisi lagi.

“Saya bisa berbicara banyak, namun saya tidak bisa menulis. Setiap kali saya menulis di laptop, saya kehilangan focus dan terus menerus menghapus tulisan saya.” Kata seorang sahabat saya yang juga sama – sama mencoba menjadi blogger pemula.
Terus terang, penulis juga merasakan hal yang sama. Lebih mudah berbicara secara lisan dibandingkan dengan menulis sebanyak satu atau dua paragraf. Tetapi penulis tetap berusaha menjaga konsistensi dalam menulis. Setidaknya satu artikel dapat diposting di blog setiap hari.

Dalam kegiatan belajar menulis gelombang 4 tadi malam, Om Jay menghadirkan Ibu Sri Melni. Beliau memperkenalkan sebuah aplikasi untuk menulis, yaitu Writer Plus. Dengan tag line nya “menulis semudah berbicara”, Ibu Sri Melni menjelaskan langkah – langkah pemanfaatan aplikasi Writer Plus untuk menulis.

Berikut ini adalah langkah – langkahnya :

1.    Instal aplikasi writer plus dari playstore


2.    Buka aplikasi tersebut
          Klik ikon “+” di ujung kiri bawah tampilan aplikasi

3.    Klik Microphone di keyboard HP

4.    Mulailah berbicara dan lihat hasilnya
5.    Jika tulisan itu mau dibagikan, klik titik tiga yang ada di bagian kanan atas

6.    Ubah format tulisan menjadi bentuk Text

7. Pilih tujuan share (WA, email, dll) dan lakukan swa editing sebelum tulisan itu dibagikan. 



Atau bisa juga dengan mengikuti tutorial pemanfaatan aplikasi writer plus pada link video berikut : https://www.youtube.com/watch?v=XSMJnS6rF0Y&t=49s 

Aplikasi ini sangat simple untuk digunakan. Apalagi jika kita mau menulis sambil melakukan aktivitas yang lain, seperti : berjalan, tidur – tiduran atau aktivitas lainnya, atau jika kita ingin menulis di mana saja, aplikasi ini juga dapat digunakan. Saat menumpang KRL, misalnya, kita tetap dapat menulis tanpa perlu mengetik di laptop setiap saat, seperti imbauan dari Om Jay, “Menulislah setiap hari dan dapatkan keajaibannya.”

Nah, tunggu apalagi, yuk instal aplikasi Writer Plus lalu buktikan sendiri bahwa semua orang bisa menulis dan menulis itu semudah berbicara. 









0 Response to "Menulis Semudah Berbicara, Buktikan Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel