Strategi Pemasaran Buku yang Efektif Via Online dan Offline




Pemasaran Buku yang efektif via online dan offline
Img Source : Pemasaran Buku yang Efektif


Seorang penulis perlu juga memiliki pemahaman tentang pemasaran buku yang efektif, dengan cara  memetakan buah pemikirannya agar sampai pada hati pembacanya


Setelah buku selesai ditulis lalu diterbitkan, langkah berikutnya adalah memasarkan buku. Dalam kegiatan  Belajar Menulis Gelombang 4 malam ini, para peserta belajar tentang Strategi Pemasaran Buku yang Efektif Via Online dan Offline. Materi disampaikan langsung oleh Bpk. Agus Subardana, S.E., M.M. Beliau adalah seorang Director of Marketing Andi Publisher.

Kondisi Real Dalam Pemasaran Buku

Saat ini terdapat 1.328 penerbit yang terdaftar sebagai anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dengan jumlah penerbit aktif sebanyak 711 penerbit, dan sisanya sudah tidak aktif lagi. Namun ada kemungkinan dengan adanya wabah virus corona, akan semakin banyak penerbit yang berhenti beroperasional karena kehilangan pasarnya.
Dengan demikian, penulis dan penerbit buku harus memahami strategi pemasaran buku yang efektif via online dan offline. Supaya  Industri Penerbitan Buku  tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal. Di samping itu, Industri penerbitan buku dinilai mendatangkan keuntungan (profit margin) yang relatif besar dibandingkan industri lainnya khususnya barang konsumsi.

Strategi Pemasaran Buku yang Efektif

Strategi pemasaran pada umumnya dipengaruhi oleh faktor berikut :
1.    Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.    Faktor Makro yaitu demografi-ekonomi,politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Berdasarkan faktor – faktor tersebut, terdapat dua strategi pemasaran buku, yaitu :
A.   Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara.
1)     Pemasaran buku lewat Online
Strategi pemasaran buku yang efektif via online menyasar konsumen dari kalangan yang dikatakan mampu menguasai dan memanfaatkan internet. Pasar online didominasi oleh kalangan elite bisnis dan pengguna internet yang merupakan mahasiswa atau pelajar milenial. langkah awal dalam strategi ini adalah membuat website. 

Strategi pemasaran buku yang efektif via online dan offline
Promosi Buku Melalui Website

Website merupakan media promosi yang memuat isi produk, harga, promosi, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya. Jenis media online yang dapat digunakan untuk promosi selain website adalah blog, channel youtube, instagram, facebook, dan WhatsApp.

Tujuan pemasaran buku via online adalah :
-       Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
-  Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
-       Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
-       Menaikan penjualan dan profit
-       Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
-       Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
-       Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen

2)     Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Namun, kita perlu lebih pro aktif dan komunikatif sebagai anggota komunitas, Sehingga akan lebih banyak menarik perhatian anggota komunitas lainnya. Tips lainnya adalah bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan tujuan kita menulis. Misalnya : kita menulis dengan topik pendidikan, maka bergabunglah dengan komunitas guru, jika topik kita tentang kuliner, maka bergabunglah dengan komunitas kuliner.


B.    Strategi pemasaran buku serangan darat / Offline
Langkah utama dalam strategi ini adalah pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1.    Toko Buku
Berdasarkan sistem administrasi dan tempat pemasaran, jenis toko buku terbagi menjadi 3 kelompok yaitu :
a)    Toko Buku Modern, contohnya : Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
b)    Toko Buku Semi Modern, biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko
c) Toko Buku Tradisional, biasanya sistem transaksinya masih manual . Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Berikut ini adalah Strategi Promosi di toko buku Modern yaitu :
-     Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol

Pemasaran buku yang efektif via online dan offline
Display Buku di Gramedia Store Pondok Indah Mall

-     Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
-    Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )
-     Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

2.  Directselling
PemasaranBuku melalui Direct Selling ini kita petakan berdasarkan jenis kategori buku yang kita terbitkan. Jenis kategori buku penjualan lewat Direct selling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
-      Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
-        Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
-      Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis kategori tersebut diatas maka penerbit sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggung jawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas melakukan kunjungan langsung ke tiap sekolah, kampus, perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus dan perpustakaan daerah dengan tujuan membangun hubungan baik dengan dengan pihak internal sekaligus melakukan promosi dan pemasaran buku via offline.

3.  Melakukan Event – Event
Aktif dalam melakukan event – event  seperti event pameran buku, dalam seminar, workshop, tryout, dan sebagainya.

strategi pemasaran buku yang efektif via online dan offline
Event Big Bad Wolf di Bandung

Kedua jenis strategi pemasaran buku ini, harus dilaksanakan secara beriringan untuk mendapatkan pasar yang semakin luas yang akan meningkatkan daya penjualan buku sehingga buku yang dipasarkan dapat laris di lapangan. Karena masing – masing strategi pemasaran pun mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Kelebihan dari strategi pemasaran via Serangan Darat / Offline adalah lebih banyak menghasilkan karena langsung bertemu dengan konsumen apalagi pasar buku teks utama yang kita pasarkan. Konsumen biasanya lebih senang tatap muka langsung dan dapat melihat sampel produknya. Kekurangannya, dibutuhkan tenaga penjual tentunya ada biaya operasional dan butuh waktu dalam follow up.

Adapun strategi pemasaran serangan udara / online,  kelebihannya bisa menekan biaya operasional,  informasi produk cepat sampai ke konsumen dan promosi bisa tersebar secara masif lewat online ini. Kekurangannya yaitu konsumen di Indonesia belum terlalu percaya atas informasi produk yang diterima,  ada rasa takut barangnya tidak sesuai dgn peranannya , selain itu konsumen juga masih dikenai  ongkir .

Peran Strategis Penulis Dalam Pemasaran Buku

Pada bagian pengantar, penulis sudah menyatakan bahwa seorang penulis buku sebaiknya turut membantu penerbit dalam upaya memasarkan bukunya agar pesan yang ia tuliskan melalui bukunya dapat sampai pada hati para pembacanya.

Selain itu, peran penulis juga sangat diperlukan terutama dalam membaca kebutuhan pasar yang akan ia jangkau melalui produk bukunya. Adapun jika penulis melakukan pemasaran bukunya melalui penerbit mayor seperti Penerbit Andi, maka penulis berhak untuk mendapatkan royalty sebesar 10% per 6 bulan / Semester terhitung sejak buku telah terdistribusi dan di tandatangani perjanjian kedua pihak (antara penulis - penerbit). Penulis juga akan mendapatkan bukunya sebanyak 3 eks. Dan mendapatkan potongan pembelian bukunya sebesar 30%.

Bentuk promosi lain yang dapat penulis lakukan dalam rangka pemasaran bukunya adalah melalui kegiatan talkshow Bedah Buku. Bila perlu, lakukan Bedah Buku dengan mengundang tokoh media agar bisa diliput dan menaikkan rating buku. Selain itu, bedah buku juga sebaiknya mengambil tempat di toko buku agar memudahkan konsumen untuk mendapatkan buku yang kita bedah tersebut.

Pada masa sekarang, ada baiknya kita juga melibatkan peran peresensi buku. Bisa yang professional maupun bukan professional. Banyak orang yang sukses menjual bukunya (apalagi buku yang diterbitkan di penerbit indie) dengan cara menggandeng peresensi buku.

Contoh berikutnya, penulis dapat membuat vlog mengenai bukunya dengan gaya yang unik dan menarik. Jangan lupa cantumkan keterangan tentang cara pembelian buku melalui contact person (cp). Berikut ini adalah contoh vlog buku yang sangat menarik : 

                                                             Vlog Buku

Kesimpulan : Strategi pemasaran buku yang efektif via online dan offline akan membantu penjualan buku kepada konsumen. Dan untuk itu, diperlukan peran strategis penulis dalam bekerja sama dengan pihak penerbit agar buku yang ditulisnya dapat menjadi best seller dan mendatangkan keuntungan yang maksimal.






16 Responses to "Strategi Pemasaran Buku yang Efektif Via Online dan Offline "

  1. selalu pengen baca tulisan bu tere... saya masih sulit mengrmbanhkan resume

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trm ksh, Bu. Saya juga suka resume ibu. Masing2 punya cara utk pengembangan. Kalau saya, lebih suka bertutur versi saya, yg penting intinya diambil dr resume.

      Delete
  2. Strategi pemasaran buku yang efektif via online dan offline akan membantu penjualan buku kepada konsumen. Dan untuk itu, diperlukan peran strategis penulis dalam bekerja sama dengan pihak penerbit agar buku yang ditulisnya dapat menjadi best seller dan mendatangkan keuntungan yang maksimal.

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah,cukup kreatif luar biasa

    ReplyDelete
  4. Luar biasa kreatif, keren Bu Tere. 👍👍

    ReplyDelete
  5. Mantap sekali Bu.... Cukup jelas

    ReplyDelete
  6. Meramu kata-katanya bagus Bu Tere

    ReplyDelete
  7. Wow,kreatif banget ya. Jadi bisa banyak begini resumenya

    ReplyDelete
  8. Waooo... Keren... Sukses selalu buat bu Tere...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel