TUTORIAL MIND MAP UNTUK PENILAIAN PORTOFOLIO



mind map, portofolio
Mind Map


Hallo, Bapak / Ibu guru kreatif, masa libur di rumah akibat virus corona diperpanjang. Ini artinya kita harus melanjutkan upaya – upaya terbaik dalam memberikan pelayanan belajar jarak jauh kepada siswa.

Dijelaskan dalam Surat Edaran No. 4 Tahun 2020, Kemdikbud memberikan opsi kepada kita untuk melaksanakan pembelajaran secara online, offline, dan penugasan secara manual. Hal ini tentunya ditempuh karena perbedaan karakteristik daerah, pendidik, dan peserta didik di wilayah Indonesia.

Setelah beberapa pekan kita melaksanakan proses belajar jarak jauh, tugas kita selanjutnya adalah merancang bentuk penilaian. Terkait dengan penilaian, berikut ini adalah penegasan Kemdikbud :
a.     UN Tahun 2020 dibatalkan, termasuk Uji Kompetensi Keahlian 2020 bagi Sekolah Menengah Kejuruan;
b.    Dengan dibatalkannya UN Tahun 2020 maka keikutsertaan UN tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
c.   Dengan dibatalkannya UN Tahun 2020, maka proses penyetaraan bagi lulusan program Paket A, program Paket B, dan program Paket C akan ditentukan kemudian.

Selanjutnya, mengenai Ujian Sekolah untuk kelulusan, dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring lainnya. Secara lebih khusus, penentuan kelulusan ditentukan berdasarkan nilai 5 semester terakhir bagi sekolah yang belum melaksanakan Ujian Sekolah.

Hal ini pun berlaku bagi pelaksanaan Ujian Akhir Semester untuk Kenaikan Kelas. Ujian Akhir Semester harus dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.

Dari penegasan di atas, Indra Charismiadji, seorang praktisi dan pemerhati pendidikan 4.0, mengungkapkan beberapa contoh Portofolio yang diyakini dapat lebih efektif digunakan sebagai bentuk penilaian dalam pembelajaran jarak jauh. Contoh – contoh portofolio yang dapat dikembangkan oleh guru, diantaranya : Mind Map, Vlog, Blog, animasi, aplikasi mobile, film, augmented reality, robotics, Internet of Things (IoT), debat, Focus Grup Discussion (FGD), presentasi, performance, buku, dll. Di antara bentuk – bentuk portofolio yang sudah disebutkan di atas, penulis akan membahas “Pemanfaatan Mind Map Untuk Penilaian Portofolio”.

Mengapa Harus Mind Map ?

Alasan penulis adalah karena mind map / peta konsep dapat dibuat dengan mudah oleh siswa baik secara digital dengan menggunakan aplikasi android dan secara manual dengan menggunakan pulpen dan kertas. Jadi, tidak ada kendala  bagi sekolah – sekolah yang berada di daerah 3T yang tidak memiliki akses internet.

Selain  praktis dan mudah digunakan, alasan lain adalah mind map dapat digunakan untuk mengukur keterampilan siswa dalam berpikir tingkat tinggi / HOTS, karena ketika siswa membuat mind map, maka mereka membuat sebuah pemetaan berupa konsep materi yang sudah dipelajarinya (C6).

Cara Membuat Mind Map

Mind map dapat dibuat secara manual dan digital. Pada kesempatan kali ini, penulis akan menyampaikan tutorial cara membuat mind map secara digital menggunakan aplikasi android “miMind”.

Langkah – langkahnya sebagai berikut :
1.     Instal aplikasi “miMind” dari playstore

2.     Klik tanda “+” untuk mulai membuat mind map


3.     Tulis kata pertama yang akan menjadi sentral / pusat mind map

4.     Klik create
5.     Pilih bentuk mind map yang disukai : Free form, dll


6.     Pilih warna mind map


7.     Tambahkan kata pada mind map dengan klik tanda pensil


8.     Klik “Child” untuk menambahkan cabang

9.     Klik “Color” untuk memberi warna
10. Klik tanda titik titik tiga di kanan atas, lalu save as untuk menyimpan mind map dalam file telepon / sd card


11.  Klik tanda titik tiga di kanan atas, klik share dan pilih format file (JPEG, PNG, dll)


12. Pilih resolusi gambar dan share gambar mind map 



Tutorial selengkapnya dapat dilihat pada video berikut : https://www.youtube.com/watch?v=4ROvFgO7MsI&t=186s 

Penulis juga meyakini bahwa mind map merupakan bentuk penilaian portofolio yang cocok digunakan untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa. Jadi jika guru ingin menggunakan mind map sebagai portofolio, saran dari penulis, gunakan rubrik penilaian pengetahuan dan keterampilan yang  tepat untuk menilai hasil mind map yang dibuat oleh siswa. Rubrik bisa dilihat di buku guru tematik atau dibuat sendiri oleh guru.

2 Responses to "TUTORIAL MIND MAP UNTUK PENILAIAN PORTOFOLIO"

  1. Terimakasih artikel dari Bu Tere sudah mengispirasi saya dalam membuat Mind Map mengunakan perangkat smarat mobile...(dapat ilmu baru)
    Salam KSGN (Komunitas Sejuta Guru Ngeblog)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel