7 Tips Menulis Artikel Tembus Ribuan Viewers


Hallo, Sahabat Cikgu Tere. Menjadi seorang guru blogger berarti harus tetap produktif dan konsisten untuk menghasilkan tulisan di blog. Apa sih yang membuat Sahabat senang menulis di blog ? Cikgu Tere merasa senang menulis di blog karena dengan menulis, kita bisa berbagi inspirasi kepada orang lain. 

Selain itu, Cikgu Tere juga senang jika banyak orang yang membaca tulisan di blog ini. Namun, ada kalanya tulisan yang kita buat hanya dibaca oleh sedikit orang, padahal untuk menulisnya membutuhkan pemikiran yang keras dan mengorbankan waktu. 

Oleh karena itu, kali ini Cikgu Tere akan membagikan 7 Tips Menulis Artikel yang bisa tembus sampai ribuan viewers. Langsung saja ya tipsnya sebagai berikut : 

  1. Gunakan kata sapaan, Sahabat, di awal kita menulis blog, kita harus mempunyai personal branding kita agar blog yang dibuat sesuai dengan personal branding tersebut. Artinya semua konten yang ada di blog tersebut juga harus sesuai dengan personal brandingnya. Misalnya personal branding kita adalah Guru Penggerak, maka blog yang kita buat juga tentang Guru Penggerak. Adapun jenis konten yang dibagikan berarti seputar pendidikan / guru.                                                                                                                                                                                                                        Dengan demikian, gunakan kata sapaan bagi para pengunjung blog Anda. Contohnya : Bapak/Ibu guru, sahabat, teman - teman, dst. Kegunaan kata sapaan ini adalah melibatkan pembaca dalam konten yang kita tulis. Sehingga mereka cenderung "betah" membaca postingan kita. Jika kita tidak menggunakan kata sapaan ini, maka pembaca pasti akan mengalami kebosanan karena seolah tidak dilibatkan dalam artikel. Hal ini biasa kita rasakan ketika kita begitu asyik membaca sebuah artikel dengan gaya santai namun berisi, dibandingkan dengan penjelasan - penjelasan yang ada di modul pelajaran.                                                                                                                         
  2. Jumlah kalimat dalam paragraf maksimal 5 - 6 baris. Sahabat, sebuah artikel yang diposting di blog sedikitnya terdiri dari 300 kata. Hal ini berkenaan dengan salah satu syarat monetisasi blog. Dalam penulisannya, buatlah beberapa paragraf. Perhatikan jumlah kalimat dalam paragraf tersebut. Cukup 5 - 6 baris, bahkan bisa kurang. Hal ini dimaksudkan agar viewers tidak kelelahan membaca paragraf yang berlebihan kalimatnya.                                                                          
  3. Gunakan Sub Heading, Jika kita menulis artikel yang panjang, maka gunakan Sub Heading atau istilahnya sub judul. Kegunaan sub heading dalam artikel adalah untuk membatasi bagian - bagian topik dalam artikel sehingga pembaca lebih mudah menemukan informasi penting dari artikel kita. Bahkan lewat sub heading, seorang pembaca dapat terfokus pada bagian yang ingin dibacanya. 

    Jangan terlalu berharap bahwa semua pembaca akan langsung membaca seluruh isi artikel kita. Biasanya viewers blog akan mencari info penting / isi artikel yang langsung terkait dengan judul. Walaupun pada akhirnya mereka tetap akan berselancar membaca keseluruhan isi teks kita. 

    Untuk menulis sub heading, gunakan fitur bawaan dari format paragraf di blog, dengan cara mengklik ikon garis tiga (format paragraf) lalu pilih sub judul.                                                          
  4. Buat kesimpulan, Perilaku aneh viewers yang perlu dicermati oleh para blogger adalah ketika mereka membaca artikel mulai dari kesimpulannya dulu. Hal ini terjadi karena para viewers tidak ingin membuang - buang waktu untuk membaca keseluruhan isi artikel. Apalagi jika artikel tersebut panjang. Oleh karena itu, mereka cenderung scroll down lalu mencari kesimpulannya. 

    Pada bagian itu, mereka akan memutuskan apakah perlu lanjut membaca semua artikel yang kita tulis atau tidak ? 

    Oleh karena itu, saran Cikgu Tere, gunakan label "kesimpulan" di bagian akhir artikel kita yang menggambarkan isi dari artikel. 

    Hal ini umum juga terjadi ketika kita hendak membeli sebuah buku, pasti kita membalik buku tersebut dan membaca sinopsisnya. Jika menarik, lanjut membeli, jika tidak ?                                          
  5. Citation atau Referensi, Bagi Sahabat yang senang menulis sebuah karya tulis ilmiah pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun, bagi para blogger, rupanya hal ini pun perlu dilakukan demi menjaga kevalidan sumber data. 

    Ada kalanya, kita mengutip pendapat para ahli dalam artikel yang kita tulis atau bahkan bisa juga kita menulis artikel yang menyajikan data atau fakta yang bersumber dari hasil penelitian, blog, jurnal, buku, website, dst. Untuk mencegah plagiarisme dan munculnya ketidak percayaan viewers terhadap data dan fakta yang kita sajikan, sebaiknya gunakan sitasi atau referensi ini. 

    Sahabat dapat menyajikannya dalam format APA style atau lainnya. Tuliskan sitasi di bagian bawah artikel, ya. Cara membuat sitasi secara otomatis, akan dituliskan pada artikel berikutnya di blog ini. 

  6. Gunakan gambar, Ada sebuah kalimat mutiara yang mengatakan bahwa "A Picture says a thousand words". Oleh karena itu, gunakanlah gambar yang mendukung artikel kita. Grafik atau gambar akan membuat tampilan artikel lebih menarik secara visual dan memperjelas isi dari artikel yang kita tulis. 

    Jika Sahabat membuat artikel "how to" maka lengkapi artikel tersebut dengan gambar per tahap dari artikel tersebut. Hal ini gunanya adalah untuk memperjelas isi / maksudnya. 

    Percayakah Sahabat, bahwa sebagian besar viewers akan membaca artikel kita dengan pertama kali membaca judul dan melihat gambar depannya ? Baru kemudian mereka memutuskan, apakah akan mengklik link blog sahabat untuk membacanya atau tidak ? 

    Oleh karena itu, gunakan gambar yang menarik dan representatif ya. Jika sahabat ingin menggunakan gambar, perhatikan juga sumber gambar itu. Jangan sampai melanggar hak cipta.            
  7. Buat artikel sesuai judul, Mungkin Sahabat merasa aneh dengan tips yang terakhir ini. Namun, jika tidak diakukan, dampaknya fatal lho. Banyak sekali viewers yang akhirnya merasa kesal dan kecewa ketika mereka mengunjungi sebuah blog namun tidak mendapatkan informasi seperti yang disajikan dalam judul artikelnya. 

    Misal judulnya, "7 Tips Menulis Artikel yang Tembus Ribuan Viewers" namun di dalamnya hanya menampilkan link artikel tersebut tanpa menjelaskan tips menulisnya.                                                                                                             
    Terkadang, kesalahan para blogger pemula adalah memunculkan judul yang istilahnya Clickbait. Clickbait yang disebut juga sebagai umpan klik sebenarnya dimaksudkan untuk membuat judul yang unik dan menarik, namun pada akhirnya ada penulis yang hanya memancing viewers mengklik link blog nya, tapi kurang menjaga sisi kualitas kontennya. Maksudnya tidak ada relevansi antara judul dan isi artikel. Hal ini akan membuat viewers tidak akan kembali lagi ke blog sahabat. Bahkan tidak mustahil juga, ketika hal ini akhirnya menjadi konsumsi publik, tentu citra kita sebagai blogger akan buruk. 

Nah, sahabat, demikianlah 7 tips menulis artikel yang tembus ribuan viewers. Semoga bermanfaat bagi sahabat semua. 

Kesimpulan : 
Semua blogger pasti bisa menulis konten artikel namun tetap harus menjaga kualitas konten yang dihasilkan. Salah satu caranya adalah dengan memahami 7 tips menulis artikel yang tembus ribuan viewers. Jika hal ini diterapkan, pasti blog kita akan semakin berkembang. 

Happy writting. 
Salam blogger, salam persahabatan. 


Catatan : Tips Menulis Artikel Tembus Ribuan Viewers ini dan tips menulis keren lainnya, sudah ditulis di buku terbaru Cikgu Tere yang berjudul "10 Hari Sukses Jadi Guru Blogger" buku ini masih tahap finalisasi dan editing. Siap - siap Pre Order ya, Sahabat. 

Sumber gambar : <a href='https://www.freepik.com/free-photos-vectors/business'>Business vector created by freepik - www.freepik.com</a>

16 Komentar untuk "7 Tips Menulis Artikel Tembus Ribuan Viewers"

  1. mantab Bu Tere,,tips yang bagus..

    BalasHapus
  2. Masya Allah, banyak ilmu yang kami dapat cikgu, tips yg sangat bermanfaat. trimakasih bu. Saya harus banyak belajar. Perlu perbaikan tulisan saya. Salam kenal bu

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaar cikgu materinya.. Thank you cikgu

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaar cikgu materinya.. Thank you cikgu

    BalasHapus
  5. Terima kasih Cikgu tipsnya

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas tipsnya

    BalasHapus
  7. Terima kasih , tips bagus. Jadi bisa evaluasi diri

    BalasHapus
  8. Ilmu yang sangat bermanfaat Cikgu Tere. Terima kasih sudah berbagi...

    BalasHapus
  9. Mantap cik gu Tere...tips yang menarik...

    BalasHapus
  10. Mantap. Tips yang sangat bermanfaat. Makasih Cikgu Tere. 👍

    BalasHapus
  11. Keren cikgu tere,,,terimakasih ilmunya

    BalasHapus
  12. Saya senang membacanya

    Terimakasih untuk tulisan yg bagus ini

    BalasHapus
  13. Suka Cikgutere...menginspirasi sekali
    jadi terpikir untuk menulis di blog.Harus bnyk belajar dari cikgutere.Salam.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel