7 Tips Pintar Mengikuti Webinar




Webinar Series Guru Belajar GTK Dikdas


Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menggelar Seri Webinar Guru Belajar dengan mengangkat tema besar "Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi". Webinar ini dinyatakan dalam bentuk rangkaian kegiatan yang dimulai pada tanggal 29 Juni 2020 sampai dengan 13 Juli 2020. Dalam satu hari, pelaksanaannya dibagi menjadi 2 sesi yaitu pagi dan siang dengan materi serta narasumber yang berbeda. 

Selain webinar yang diselenggarakan oleh Dirjen GTK Dikdas, ada juga rangkaian webinar yang digelar oleh lembaga - lembaga lain termasuk diseminasi kegiatan yang diikuti oleh guru - guru dari seluruh Indonesia. 

Ya, saat ini sepertinya para guru sedang disibukkan oleh aneka kegiatan webinar melalui berbagai macam platform. Ada yang menggunakan zoom, live youtube, teams, webex, dll. Bahkan beberapa di antaranya memerlukan tahap registrasi peserta sampai dengan tahap seleksi. 

Terkadang, pelaksanaan webinar yang satu bersamaan dengan webinar yang lain. Tak ayal, seorang guru pun memaksimalkan perangkat yang dimilikinya seperti laptop dan HP dengan akun email yang berbeda demi untuk mengikuti kedua agenda webinar tersebut. 

Bahkan, ada juga yang menyampaikan bahwa dirinya merasa kelelahan setelah mengikuti kegiatan online tersebut sepanjang hari. Selain boros dari segi pembelian paket data, hal ini tentunya menjadi tidak baik juga jika dilakukan terus menerus. Bisa saja imun tubuh kita malah akan menurun dan dampaknya tubuh kita mudah terserang penyakit. 

Sahabat, sebaik - baiknya seorang guru tentunya adalah guru yang bukan hanya sekedar mengajar saja melainkan juga harus mau belajar. Nah, salah satu jalan guru untuk belajar memang melalui webinar. Namun, seperti yang sudah Cikgu Tere sampaikan di atas bahwa jangan sampai keinginan kita mengikuti webinar tidak sebanding dengan kondisi kita, misalnya kondisi kesehatan dan ketersediaan paket data. 

Bercermin dari pengalaman semasa mengikuti aneka kegiatan webinar, berikut ini adalah 7 tips pintar mengikuti webinar : 
  1. Pantau media sosial untuk mengetahui info webinar, biasanya informasi pelaksanaan webinar akan tersedia di laman jejaring sosial seperti facebook. Jadi pastikan dulu Sahabat bergabung dengan komunitas / grup guru dan ikuti halaman facebook penyelenggara kegiatan, seperti GTK Dikdas Kemdikbud, PPPPTK PKn dan IPS, P4TK Matematika Kemdikbud, dll. 
  2. Lihat ketentuan / syarat peserta webinar yang terdaftar di link pendaftaran peserta, jika Sahabat sudah mendapatkan informasinya, segera lakukan registrasi melalui link registrasi yang disediakan. Sebelumnya, pastikan dulu beberapa ketentuan / syarat pesertanya. Ingat, jangan menunda untuk registrasi, karena kuota peseta biasanya dibatasi. 
  3. Catat informasi penting terkait waktu pelaksanaan, ini sangat penting untuk kita lakukan. Karena dengan banyaknya informasi webinar, mungkin saja kita akan mencoba untuk mendaftar di beberapa kegiatan. Sehingga tak jarang ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan bersamaan dan kita menjadi bingung. Saran dari Cikgu Tere, pastikan kita punya list to do artinya semacam jadwal kegiatan. Jika terpaksanya ada dua kegiatan yang dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan, kita bisa memilih dengan melihat urgensi dari materinya. Misalnya ada topik webinar PJJ Luring dan Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran dari dua penyelenggara webinar di waktu yang bersamaan, maka lihat urgensinya, jika kita tinggal di wilayah 3 T maka sebaiknya ikuti yang PJJ Luring karena akan dapat langsung kita implementasikan. 
  4. Siapkan email yang aktif dan password yang mudah diingat, hal yang sepele, namun mungkin bagi beberapa guru akan menjadi sebuah kesulitan tersendiri. Saat ini email banyak digunakan untuk mendaftar di suatu kegiatan. Email sudah menjadi semacam KTP bagi seorang peserta webinar. Oleh karena itu, pastikan kita mempunyai alamat email yang masih aktif dan passwordnya mudah diingat. Biasanya informasi terkait link zoom meeting dan bahkan e-sertifikat dikirim oleh panitia webinar ke alamat email kita masing - masing. 
  5. Aktifkan pengingat / reminder di HP untuk tanggal pelaksanaan dan waktunya, Sahabat, terkadang kita lupa tanggal saat sedang libur di rumah. Jika Sahabat tidak ingin ketinggalan kegiatan webinar yang sudah dinanti - nantikan, sebaiknya gunakan bantuan pengingat dari fasilitas di HP kita, ya. 
  6. Masuk ke link webinar kurang lebih 30 menit sebelum pelaksanaan, dalam pelaksanaannya, webinar akan diselenggarakan tepat waktu. Namun, kita sebagai peserta tentunya tidak bisa masuk dalam meeting tersebut dengan waktu yang mepet, sebab ada kalanya untuk bisa terhubung dengan room meeting webinar membutuhkan waktu yang agak lama. Apalagi jika kita belum terbiasa menggunakannya. 
  7. Siapkan akses penunjang seperti kuota data dan hal teknis lainnya, Sahabat, salah satu persyaratan untuk mendapatkan e-sertifikat dari kegiatan webinar adalah mengisi daftar hadir pada link yang dibagikan di sela - sela kegiatan. Jadi, pastikan kuota data yang sahabat miliki dapat mencukupi selama Sahabat mengikuti kegiatan tersebut. Bagi pengguna Telkomsel, Sahabat dapat membeli paket kuota ketengan conference, cukup dengan Rp 3.000, Sahabat dapat memiliki akses kuota conference 2 GB / 1 hari. Sedangkan untuk hal teknis lainnya, Sahabat dapat mengecek baterai HP atau laptop yang akan digunakan selama webinar. 
Setelah melakukan beberapa tips di atas, hal yang tidak kalah penting adalah menulis resume dari materi yang dibahas dalam webinar. Hal ini sangat perlu dilakukan agar kita betul - betul memperoleh manfaat dari kegiatan yang telah kita ikuti. Lebih baik jika  kita menuliskan resumenya di blog kita agar semakin banyak orang terutama mereka yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan webinar ini dapat juga memperoleh manfaatnya. 

Nah, Sahabat, inilah 7 tips pintar dalam mengikuti webinar yang dapat Cikgu bagikan dalam kesempatan ini, semoga bermanfaat. Salam blogger, salam persahabatan. 

Oh, ya ... Jika berkenan, silakan Sahabat berkomentar untuk menanggapi pertanyaan ini,"Jika harus memilih salah satu, mana yang lebih sahabat pilih, mengikuti webinar untuk mendapatkan sertifikat atau ilmu yang bermanfaat ?" Ditunggu komentarnya ya. Terima kasih. 

1 Response to "7 Tips Pintar Mengikuti Webinar"

  1. Untuk dapat dua-duanya.. tentun.
    Bismillah
    Kamis, 09 Juli 2020, Postingan ke-419. Mohon doanya satu hari satu postingan di blog 
    www.sarastiana.com
    Google Adsense di Bawah 1 Dollar?
    http.sarastiana googleAdsense.com

    Metode Pembelajaran Sosiodrama
    www.sosiodrama.com

    Model dan Metode Pembelajaran http://www.modelpembelajaran

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel