Contoh RPP Kecakapan Hidup dan Materi Belajar di Rumah untuk Kelas 4 SD






Berdasarkan pemutakhiran data yang dirilis dari https://covid19.go.id pada tanggal 7 Juli 2020, terdapat 104 kabupaten dan kota yang terdaftar dalam zona hijau atau wilayah tanpa kasus Covid-19. Hal ini pula yang diungkapkan oleh Tim Pakar Gugus Tugas Nasional, Dewi Nur Aisyah saat konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Selasa (7/7). 

Dari informasi tersebut, salah satu daerah yang terdaftar pada zona hijau adalah Kabupaten Sumba Tengah yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan demikian, kebijakan pendidikan yang dapat dilakukan oleh sekolah adalah melakukan pembelajaran melalui tatap muka dengan tetap memperhatikan Surat Edaran resmi dari Pemerintah Daerah Kab. Sumba Tengah dan Gugus Tugas Covid 19 di Kabupaten Sumba Tengah mengenai penyelenggaraan pendidikan di masa pandemi Covid 19. 

Banyak kekhawatiran yang muncul jika sekolah dibuka kembali sesuai dengan penetapan Tahun Ajaran Baru 2020 - 2021 yang dimulai pada hari Senin, 13 Juli 2020 ini, maka sekolah dapat menjadi klaster baru dalam penyebaran Virus Corona. Oleh karena itu, sekalipun sekolah - sekolah yang berada pada zona hijau seperti di Kab. Sumba Tengah, tetap harus menempuh kebijakan - kebijakan lain yang dipandang perlu untuk mengantisipasi dan mencegah munculnya klaster baru seperti yang dikhawatirkan oleh banyak pihak. 

Untuk mengatasi kondisi di atas, maka langkah praktis yang sebaiknya diambil oleh guru sebagai tenaga pendidik di sekolah adalah dengan menyiapkan perangkat - perangkat pembelajaran yang memungkinkan untuk diakses oleh siswa, mengingat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di daerah 3T seperti Kab. Sumba Tengah, dilaksanakan secara luring. 

Beberapa perangkat pembelajaran yang perlu disiapkan oleh guru di antaranya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan materi pembelajaran, termasuk LKPD. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini, Cikgu Tere ingin berbagi kepada para sahabat blog Cikgu Tere. RPP yang disusun adalah RPP untuk PJJ Luring dengan format yang disederhanakan dan dirancang sesederhana mungkin agar dapat diimplementasikan di daerah 3T. Sedangkan materi pembelajaran yang dirancang adalah pengembangan dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), selain soal latihan ada juga materi pokok dan penugasan yang dirangkum dari beberapa Kompetensi Dasar (KD) yang ada dalam pembelajaran tematik. 

Berikut ini adalah Link Download yang dapat digunakan oleh Sahabat: 
Download video pembelajaran Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 1 Di Sini

RPP dan Materi Belajar di Rumah ini akan terus diupdate dan terhubung dengan video pembelajarannya yang akan diupload di chanel pendidikan Theresia Sri Rahayu. Pastikan sahabat sudah mensubscribe, like, dan nyalakan lonceng di chanel youtube tersebut agar selalu mendapatkan update video pembelajarannya. 

6 Responses to "Contoh RPP Kecakapan Hidup dan Materi Belajar di Rumah untuk Kelas 4 SD "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel