Halaman

Materi PJOK Belajar dari Rumah untuk Siswa Kelas 4 SD

 

Kebugaran Jasmani

Dalam postingan sebelumnya, saya sudah memberikan contoh LKS Tematik Kelas 4 yang terdiri dari berbagai muatan pelajaran seperti : PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Selain itu ada juga materi matematika yang ditulis pada bagian "kegiatan numerasi". 

Kali ini, saya akan membagikan materi PJOK Belajar dari Rumah untuk Siswa Kelas 4 SD, pada materi pelajaran 5 tentang Kebugaran Jasmani. 

Berdasarkan pemetaan Kompetensi Dasar mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang disusun sesuai dengan Standar Isi Kurikulum Kondisi Khusus, di mana Kompetensi Dasar yang digunakan merupakan Kompetensi Dasar yang esensial, maka topik Kebugaran Jasmani terdapat pada KD 3. 4 Memahami berbagai bentuk aktivitas kebugaran jasmani melalui berbagai latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan dan kelincahan untuk mencapai berat badan ideal. 

Pembelajaran pada topik Kebugaran Jasmani dibagi menjadi 2 bagian yaitu pengetahuan (teori) dan keterampilan (praktek). Alokasi waktu untuk setiap pembelajaran adalah 1 minggu. Sehingga pada minggu ke 2 ini di mana BdR baru dimulai, maka siswa akan mempelajari aspek pengetahuan (teori) terlebih dahulu. Sedangkan untuk materi praktek, akan disampaikan pada minggu ke 3. 

Adapun tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari pembelajaran ini adalah : 

  1. Setelah membaca materi, siswa dapat menyimpulkan pengertian kebugaran jasmani dengan tepat. 
  2. Setelah mengamati contoh peristiwa melalui gambar, siswa dapat menjelaskan perbedaan kebugaran dirinya dengan orang lain secara tepat. 
  3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menganalisis perbedaan komponen kecepatan dan kekuatan dengan benar. 
  4. Setelah melakukan diskusi bersama orang tua, siswa dapat menerapkan aktivitas kebugaran jasmani dalam kehidupan sehari - hari sesuai kebutuhan.

Jika dirasa perlu, guru dapat memodifikasi tujuan pembelajaran di atas sesuai pengaturan alokasi waktu yang telah ditetapkan. 

Dalam penyajian bahan belajar (LKS) PJOK ini, saya menggunakan pendekatan bercerita / berkomunikasi dengan siswa, dengan menggunakan kata sapaan langsung. Sehingga siswa akan merasa terlibat dalam pembelajaran. 

Jika LKS pada umumnya langsung menyajikan soal, LKS ini menyajikan ilustrasi cerita sehari - hari sebagai pengantar pembelajaran kemudian menghubungkan konten ke dalam konteks sehari - hari siswa. Agar siswa dapat merasakan kebermanfaatannya secara langsung. 

Berikut ini adalah Materi PJOK Belajar dari Rumah untuk Siswa Kelas 4 SD yang sudah dilengkapi dengan lembar refleksi siswa dan lembar evaluasi pengetahuan. 

Materi PJOK Belajar dari Rumah untuk Siswa Kelas 4 SD dapat DOWNLOAD DI SINI 

Ikuti terus postingan di blog ini untuk materi PJOK Belajar dari Rumah berikutnya. 

Salam blogger. Salam Persahabatan. 

Belum ada Komentar untuk "Materi PJOK Belajar dari Rumah untuk Siswa Kelas 4 SD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel