Mudahnya Membuat LKS Interaktif Dengan Live Worksheet

 


Pembelajaran di semester dua tahun pelajaran 2020 - 2021 sudah berjalan sejak Bulan Januari yang lalu. Pastinya, beberapa materi sudah dipelajari bersama. Ada yang menggunakan moda pembelajaran daring, ada juga yang luring. Secara sistem pembelajaran, ada yang masih menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan ada juga yang sudah mulai kembali tatap muka di sekolah.

Namun, pastinya sekarang sudah waktunya bagi guru untuk melakukan penilaian hasil belajar siswa. Baik melalui Penilaian Harian (PH) ataupun sekedar penugasan.

Terkait dengan penilaian, terutama dalam hal ini adalah penilaian pengetahuan, guru - guru cukup kreatif dalam mengemas kegiatan tersebut. Mereka berlomba - lomba menggunakan berbagai aplikasi penilaian untuk mengukur tingkat kognitif siswanya.

Berbagai aplikasi yang biasanya digunakan oleh guru untuk melakukan penilaian adalah google form dan quizizz. Kedua aplikasi tersebut dinilai sangat efektif untuk dimanfaatkan dalam penilaian. Siswa juga sudah terbiasa mengerjakan latihan atau ulangan melalui google form atau quizizz.

Akhir - akhir ini, beranda media sosial saya diramaikan oleh postingan terkait pemanfaatan model LKS interaktif. Saya pun bertanya - tanya, apa itu LKS interaktif ?

Pengertian LKS Interaktif

Depdiknas (Darusman, 2008:17) menyatakan bahwa LKS adalah lembaran yang berisikan pedoman bagi siswa untuk melaksanakan kegiatan yang terprogram. Lembaran ini berisi petunjuk, tuntunan pertanyaan dan pengertian agar siswa dapat memperluas serta memperdalam pemahamannya terhadap materi yang dipelajari.

Sedangkan LKS interaktif merupakan jenis LKS yang dibuat, dikembangkan, dan dijalankan dengan bantuan sistem komputer dan dukungan internet.

Karakteristik LKS Interaktif

Sebagai bahan perbandingan dengan LKS konvensional, LKS interaktif mempunyai beberapa karakteristik, yaitu :

  1. Penyajian materi bukan dalam bentuk deskripsi. Melainkan langsung berupa pertanyaan yang bertujuan agar siswa mengkonstruk pemahamannya sendiri.
  2. Disajikan dalam bentuk interaktif dengan sistem operasi tertentu. Siswa dapat memasukkan jawaban dengan cara mengklik sebuah pilihan jawaban atau dengan mengetik jawabannya pada kolom yang disediakan.
  3. Memungkinkan umpan balik secara langsung. Biasanya untuk jenis LKS interaktif ini, sistem yang digunakan sudah dapat menentukan skor untuk setiap jawaban dan dapat ditampilkan secara langsung di websitenya.  Hal ini dapat menjadi sebuah umpan balik bagi siswa dan guru.
  4. Penekanan isi LKS adalah pada konsep materi yang akan disampaikan, bukan pada banyaknya soal.
  5. Tampilannya lebih menarik, karena bisa disisipkan video, audio, dan animasi.

Manfaat LKS Interaktif

LKS Interaktif sangat bermanfaat jika digunakan dalam penilaian di masa pandemi. Berikut ini adalah manfaat penggunaan LKS interaktif, yaitu :

  • Bagi Guru : LKS interaktif bermanfaat dalam meningkatkan kreativitas guru, terutama untuk menyajikan model penilaian yang menarik bagi siswa. Selain itu, memudahkan guru untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran, khususnya jika digunakan sebagai instrumen dalam pre test. Manfaat lainnya, LKS interaktif juga mengurangi beban guru untuk mengoreksi / memberikan umpan balik pada siswa dengan adanya sistem pemberian umpan balik langsung.
  • Bagi Siswa : LKS interaktif bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) siswa, menumbuhkan sikap mandiri, rasa ingin tahu, dan disiplin, selain itu, LKS interaktif juga bermanfaat untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar karena tampilannya yang menarik dan interaktif.

Cara Mudah Membuat LKS Interaktif

Setelah kita mengetahui pengertian LKS interaktif, karakteristiknya, dan manfaat LKS interaktif, pasti kita juga ingin mencoba membuat LKS interaktif ini.

Bagaimana cara mudah untuk membuat LKS interaktif ?

Caranya adalah dengan menggunakan live worksheet yang dapat diakses di alamat https://www.liveworksheets.com/

Langkah - langkah membuat LKS interaktif di Live Worksheet :

  1. Ketik https://www.liveworksheets.com/ di browser Anda.
  2. Klik Teacher Access di bagian kanan atas lalu klik register / daftar
  3. Lengkapi isian formulir registernya sesuai data Anda.  Kemudian klik register                                 
  4. Masuk ke email yang Anda daftarkan tadi dan buka email masuk dari Live Worksheet.            Klik link aktivasinya.                                                                                      
  5. Masuk ke alamat https://www.liveworksheets.com/ lagi dan klik teacher access lalu masukkan alamat email / username dan passwordnya. Kemudian klik tulisan "enter".
  6. Ubah setting pilihan bahasa menjadi Bahasa Indonesia di bagian kanan atas
  7. Klik make interactive worksheet pada bagian menu lalu klik get started
  8. Upload LKS yang kita buat seperti biasa di microsoft word. Tapi sebelum upload harus ubah menjadi pdf atau jpg. Ukuran file maks. 5 MB.
  9. Modifikasi LKS yang kita upload dengan format interaktif. Anda dapat melihat video tutorial yang disediakan di website Live Worksheet. Namun, untuk contoh, saya akan bagikan modifikasi LKS sesuai LKS interaktif yang saya buat, yaitu : bentuk soal pilihan ganda dan menjodohkan. Untuk soal pilihan ganda, pakai rumus "select:yes" diletakkan pada kotak pilihan yang benar dan "select:no" pada pilihan yang salah. Sedangkan pada soal menjodohkan pakai rumus "join:1", "join:2", "join:3", dst. Sesuai dengan jumlah soal.                                          
  10. Jika sudah selesai, kita bisa meninjau LKS interaktif kita dengan klik preview yang ada di bagian atas. Kemudian menyimpan LKS ini. Akan ada 2 pilihan untuk menyimpannya yaitu menyimpan dan membagikan LKS ini untuk umum, atau hanya untuk disimpan dan digunakan oleh siswa kita. Jika kita ingin menyimpan dan membagikannya untuk umum, kita diminta melengkapi data terkait mata pelajaran, topik materi, kelas, perkiraan usia, dan jenis LKS.
  11. Jika kita ingin menyematkan LKS interaktif ini di blog kita, maka kita dapat menyalin kode html yang disediakan oleh live worksheet. Kemudian menempelkannya / paste di area menulis pada blog kita.

Berikut ini adalah contoh LKS interaktif yang saya buat untuk Kelas IV SD terkait materi Gaya pada muatan pelajaran IPA Tema 7 Sub Tema 1

Sumber : 

https://digilib.ump.ac.id/files/disk1/8/jhptump-a-ekoriskiya-400-2-babii.pdf

 

Catatan : Artikel ini diikutsertakan pada Lomba Blog Februari 2021 (Artikel ke 12)

Nama : Theresia Sri Rahayu (Cikgu Tere)

Instansi : SDN Waihibur

NPA : 10260901048

Belum ada Komentar untuk "Mudahnya Membuat LKS Interaktif Dengan Live Worksheet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel