Halaman

Dua Kata Kunci untuk Keluar dari Titik Jenuh


Setiap hari kita terbangun dan imaji menyadarkan kita bahwa hari ini sama seperti hari sebelumnya. Kita akan menghadapi situasi yang sama di tempat kerja dengan agenda rutin yang telah tersusun. 

Sahabat Cikgu Tere, pernahkah sahabat merasakan berada di titik jenuh pada sebuah pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini? 

Titik jenuh tercipta manakala tidak ada inovasi dan kreativitas di dalam "ruang" kerja itu sendiri. 

Ruang kerja yang dimaksud di sini bukan hanya sebuah tempat berdimensi panjang, lebar, dan tinggi sesuai standar ekosistem kerja, namun ruang di sini juga mencakup situasi dan bahkan habit di tempat kerja itu sendiri. 

Banyak sekali pekerja yang mengakui bahwa mereka sudah berada di titik jenuh dan hampir menyerah dengan level semangat yang semakin menurun. Berbagai macam alasan dikemukakan, tapi nyaris juga tidak ada solusi yang disampaikan. 

Kata kunci untuk solusi menghindari titik jenuh adalah Inovasi dan Kreativitas. 

Saya adalah seorang guru SD. Setiap hari saya melaksanakan tugas di sekolah. Aktivitas mengajar dimulai pada pukul 07.30 Wita dan selesai Pkl. 12.10 Wita. Hal ini secara rutin dilakukan sejak hari Senin sampai hari Sabtu. 

Sebagai seorang guru, saya diwajibkan menulis jurnal harian untuk melaporkan progres pekerjaan saya setiap hari di sekolah. 

Ketika saya membuka kembali buku jurnal harian saya, saya merasa takjub karena ternyata di sepanjang waktu dalam satu pekan, aktivitasnya seragam

Kemudian, saat istirahat kerja di hari Minggu, saya merasakan stressing ketika waktu berputar semakin cepat. 

I hate Monday. Apakah Sahabat juga merasakan seperti yang saya rasakan ini? 

Setelah saya melakukan refleksi dari buku jurnal harian saya sebelumnya, timbul sebuah keinginan untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Sesuatu hal yang mungkin saja sederhana sebenarnya tetapi bisa berdampak luar biasa. 

Saya mulai dengan membuat list kebutuhan saya di tempat kerja. Contohnya: perlu membuat pohon resolusi, perlu membuat jurnal membaca harian, dan perlu membuat pemetaan kemampuan 3 M siswa di kelas saya untuk semester genap. 

Ya, beberapa hal ini yang akan saya mulai untuk proyek baru di kelas saya. Mungkin akan perlu beberapa hari untuk mengerjakan hal ini. Jadi saya menyebutnya sebagai proyek. 

Setelah merancang proyek baru ini, saya merasa lebih semangat untuk menyambut aktivitas rutin saya yang akan segera dimulai pagi ini. Saya membayangkan kesibukan baru saat di kelas dan di sekolah nanti. 

Bahkan saya membayangkan situasi di ruang kerja saya yang akan berbeda. Tentunya perbedaan ini dipicu oleh adanya hal baru yang akan kami kerjakan. Inilah yang disebut dengan inovasi dan kreativitas.

Inovasi lahir dari sebuah kreativitas. Dan saya suka mengutip sebuah quote: 


Sebagai penutup artikel hari ini, saya juga ingin berbagi semangat pada sahabat Cikgu Tere: bekerjalah dari hati, tanpa nanti, dan tanpa tapi. 

Selamat hari Senin dan memulai aktivitas baru di tempat kerja masing - masing. Salam Blogger, Salam Literasi. 




Belum ada Komentar untuk "Dua Kata Kunci untuk Keluar dari Titik Jenuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel