Halaman

Implementasi Pembelajaran Inovatif Model SOLE Terintegrasi Rumah Belajar dan PMM di SDN Waisumar

 

source
Innovative Learning


Kurikulum Merdeka dirancang agar guru semakin kreatif dalam menyelenggarakan pembelajaran. Salah satu bentuknya adalah dengan memilih model pembelajaran inovatif dan memanfaatkan media serta alat peraga termasuk TIK. 

Hari ini, Kamis, 20 Oktober 2022, saya bersama anak - anak Kelas IV SD Negeri Waisumar menerapkan model pembelajaran inovatif SOLE (Self Organized Learning Environment) yang memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam mengorganisasikan pembelajarannya. Selain itu saya juga mengitegrasikan Rumah Belajar dalam pembelajaran ini. 

Dalam upaya menerapkan model pembelajaran inovatif SOLE, ada beberapa tahap yang saya lakukan, yaitu: Tahap pertama, membuat perencanaan terkait sumber belajar yang akan digunakan oleh siswa untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam mengorganisasikan pembelajaran. Selain itu, saya juga menyiapkan rubrik pengamatan proses pembelajaran untuk asesmen formatif. Tahap kedua, saya melaksanakan pembelajaran dengan model SOLE dan tahap ketiga, saya melakukan refleksi dan evaluasi proses pembelajaran. 

Pada tahap pertama, saya mencari sumber belajar di portal Rumah Belajar sesuai dengan topik/ materi pokok yang akan diajarkan yaitu terkait siklus air. Saya mengakses sumber belajar melalui tautan: https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/. Terlebih dahulu, saya login dengan menggunakan akun belajar.id yang biasa saya gunakan ketika mengakses Simpatik. Kemudian saya mencari konten sumber belajar dengan kata kunci "Siklus Air" dan mendapatkan hasil pencarian sebagai berikut: 

Tampilan Sumber Belajar Untuk Kata Kunci Siklus Air


Dari beberapa video yang terdapat pada sumber belajar, saya memilih video berikut dengan alasan bahasa yang digunakan lebih sederhana dan mudah dipahami oleh siswa kelas IV. Untuk melihat video, silakan klik DI SINI 

Pada tahap kedua, saya melaksanakan pembelajaran sesuai urutan skenario pembelajaran yang terdiri dari bagian pendahuluan, inti, dan penutup. Pada bagian pendahuluan, saya meminta siswa mengamati gambar proses fotosintesis lalu siswa mengadakan tanya jawab tentang manfaat air bagi tumbuhan sesuai gambar tersebut. Saya juga menginformasikan tentang sumber belajar yang akan digunakan oleh siswa untuk memperoleh informasi terkait topik yaitu berasal dari Portal Sumber Belajar yang dapat diakses oleh siswa di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Kemudian saya menjelaskan tentang model pembelajaran SOLE sebagai gambaran cara belajar yang akan dilakukan oleh siswa. 

Pada bagian inti, pembelajaran dilakukan melalui beberapa langkah sesuai sintaks/tahapan model pembelajaran SOLE yaitu: 
  1. Memberikan pertanyaan pemantik terkait materi yang akan dipelajari
  2. Mengorganisasikan siswa pada sumber belajar : siswa diberi kesempatan menggunakan komputer untuk memutar video sumber belajar yang sudah didownload sebelumnya. Kondisi jaringan internet di sekolah kami tidak bagus sehingga kami tidak mengakses sumber belajar secara online/langsung. 
  3. Eksplorasi dan Investigasi: siswa mengerjakan Lembar Kerja 
  4. Monitoring : Guru memantau pekerjaan siswa dalam kelompok 
  5. Presentasi : Perwakilan kelompok melakukan presentasi di depan kelas dan kelompok lain atau guru dapat memberikan tanggapan.
Pada bagian penutup, guru memberikan penguatan dan menarik kesimpulan atas pembelajaran yang telah dilakukan. Hal ini juga merupakan tahap ketiga dalam penerapan model pembelajaran SOLE. 

Secara lebih lengkap, gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inovatif SOLE terintegrasi Rumah Belajar dapat dilihat pada tayangan video berikut: 



#PusdatinKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK202 #DutaTeknologiKemendikbudristek #RumahBelajar2022  #PlatformMerdekaMengajar #BerbagiTIK








1 Komentar untuk "Implementasi Pembelajaran Inovatif Model SOLE Terintegrasi Rumah Belajar dan PMM di SDN Waisumar"

  1. Tak pernah lelah mengisnpirasi. Teruslah menginspirasi bu guru hebat

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel