Halaman

Smart 4: Diseminasi Pembelajaran Inovatif Model SOLE Terintegrasi Rumah Belajar dan PMM Pada Kasek dan Guru SDM Waimanu

 

Foto Bersama Kepala Sekolah dan Guru SDM Waimanu 
Setelah Diseminasi

Salam Rumah Belajar. 

Semangat untuk berkolaborasi dan bertransformasi membangun ekosistem digital dalam merdeka belajar sepertinya semakin berlipat ganda dari hari ke hari. Inilah yang saya rasakan di hari ini, Selasa, 25 Oktober 2022. Setelah melaksanakan tugas utama yaitu mengajar siswa kelas IV di SDN Waisumar, saya pun bergegas menuju ke SDM Waimanu untuk melakukan diseminasi terkait pembelajaran inovatif model SOLE terintegrasi Rumah Belajar dan PMM. 

Panas matahari sangat menyilaukan mata, namun saya tetap memacu laju kendaraan dari sekolah menuju tempat tujuan. Perjalanan ditempuh kurang lebih selama 20 menit dengan jarak sekitar 3 km. Perjalanan sedikit berat karena ruas jalan menuju SDM Waimanu berupa jalan pengerasan berbatu - batu. Bahkan di beberapa bagian terdapat lubang sehingga harus cukup berhati - hati. 

Sebelumnya saya juga pernah berkunjung ke SDM Waimanu dalam rangka road show kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Taupopu yang berpusat di SDM Waimanu terkait topik Implementasi Kurikulum Kondisi Darurat/Kurikulum Khusus. 

Saya tiba di lokasi sekolah sekitar Pkl.11.15 Wita dan mendapati kepala sekolah bersama guru - guru SDM Waimanu di ruangan kantor. Mereka sudah siap mengikuti kegiatan diseminasi yang sebelumnya memang sudah saya komunikasikan bersama dengan kepala sekolah. 

Kegiatan diseminasi diawali dengan sambutan/ pengantar dari kepala sekolah yang menceritakan tentang kondisi sekolah terkait adanya bantuan - bantuan alat TIK seperti chrome book, wifi, in fokus, dll. Serta keprihatinan bahwa alat - alat yang ada belum dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam pembelajaran karena keterbatasan penguasaan alat - alat tersebut. 

Hal ini memang memprihatinkan ketika saya mendengarnya. Betapa tidak, seharusnya sekolah - sekolah penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan tersebut secara maksimal namun kenyataannya belum sesuai harapan. Namun, ini menjadi tanggung jawab bersama antara pihak - pihak terkait. Dan sebagai Sahabat Rumah Belajar NTT, saya menyarankan agar sekolah dapat memanfaatkan bantuan berupa alat - alat TIK dalam pembelajaran. 

Salah satu cara pemanfaatannya adalah dengan mengakses Rumah Belajar sebagai portal pembelajaran yang menyediakan berbagai sumber belajar yang bermanfaat. Setelah saya menyampaikan cara mengakses Rumah Belajar, berikutnya saya pun membagikan pengalaman saat menerapkan model pembelajaran inovatif SOLE terintegrasi Rumah Belajar, di mana saya menggunakan salah satu video dari fitur Sumber Belajar yang saya gunakan dalam pembelajaran terkait topik Siklus Air pada mata pelajaran IPAS Kelas IV. 

Saya menjelaskan sintaks/tahapan pembelajaran inovatif SOLE dan saya mengamati respon kepala sekolah serta guru sangat positif. Walaupun mereka belum terlalu menguasai penggunaan alat - alat TIK, namun mereka berjanji akan berusaha untuk memanfaatkan chrome book, laptop, dan alat - alat TIK lainnya. 

Satu hal yang membuat saya merasa bangga adalah ketika ada seorang guru yang memberikan tanggapan setelah saya selesai melakukan diseminasi yaitu mengatakan bahwa guru tersebut sudah pernah mencoba aplikasi Rumah Belajar bersama anaknya di rumah dan katanya Rumah Belajar ini sangat mudah digunakan untuk belajar, terlebih lagi karena dapat diakses secara gratis. 

Saya pun mengiyakan pernyataan guru tersebut dan terus memotivasinya untuk tetap memanfaatkan Rumah Belajar sebagai portal pembelajaran yang dapat digunakan di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. 

Point Smart 4 bagi saya dalam kegiatan ini adalah: Mulai dari diri, mulai dari apa yang ada dan mulai dari sekarang. Karena satu - satunya hal yang tidak akan berubah adalah perubahan itu sendiri. Sehingga kita tidak dapat menunggu segala sesuatu namun harus menjemput bola dengan berpikir aset yang kita miliki untuk bisa kita berdayakan semaksimal mungkin. 

Berkut adalah vlog Smart 4: 



Theresia Sri Rahayu

Sahabat Rumah Belajar NTT 2022

#PusdatinKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK2022 #DutaTeknologiKemendikbudristek #RumahBelajar2022  #PlatformMerdekaMengajar #BerbagiTIK #SRBNTT2022 #PembatikNTT2022


Belum ada Komentar untuk "Smart 4: Diseminasi Pembelajaran Inovatif Model SOLE Terintegrasi Rumah Belajar dan PMM Pada Kasek dan Guru SDM Waimanu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel